Strategi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Evaluasi Diri Guru dan Pengembangan Kompetensi Kognitif Siswa

Authors

  • Nurlatifah Alaudin SMP Negeri 1 Kota Bima Author
  • Randitha Missouri Universitas Muhammadiyah Bima Author

Keywords:

Pendidikan karakter, evaluasi diri guru, kompetensi kognitif, refleksi pedagogis, penguatan nilai moral

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam sistem pendidikan yang bertujuan membentuk individu berintegritas dan beretika. Namun, efektivitas implementasinya masih menghadapi tantangan, terutama dalam hal keterlibatan guru dan penguatan kompetensi kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran evaluasi diri guru dalam meningkatkan efektivitas pendidikan karakter serta bagaimana pengembangan kompetensi kognitif siswa berkontribusi terhadap proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus di sekolah menengah. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan siswa, serta observasi dalam proses pembelajaran. Analisis dilakukan dengan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola dalam penerapan evaluasi diri guru dan keterkaitannya dengan penguatan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang secara rutin melakukan evaluasi diri lebih mampu menyesuaikan metode pengajaran mereka, menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif, dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter. Selain itu, kompetensi kognitif siswa yang lebih baik berkontribusi terhadap pemahaman dan penerapan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan karakter dengan menekankan pentingnya refleksi guru dan penguatan keterampilan berpikir siswa. Implikasi praktisnya meliputi perlunya pelatihan bagi guru dalam evaluasi diri dan integrasi strategi penguatan kognitif dalam kurikulum sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Buchori Muslim, “Character Education Curriculum in the Government of Indonesia Strengthening Character Education Program,” JIEBAR J. Islam. Educ. Basic Appl. Res., vol. 1, no. 2, pp. 137–153, Dec. 2020, doi: 10.33853/jiebar.v1i1.101.

N. Y. Basyaruddin and R. Rifma, “EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 1, p. 4, Jan. 2020, doi: 10.31851/jmksp.v5i1.3498.

Fitri Handayani, Kanaya Ledy Adinda, and Kurnia Febriyola, “Pengaruh Penanaman Nilai-Nilai Karakter terhadap Kepribadian Peserta Didik,” J. Ilm. Dan Karya Mhs., vol. 1, no. 6, pp. 90–102, Dec. 2023, doi: 10.54066/jikma.v1i6.1224.

N. L. P. R. E. Agustini, “Character Education for Children in Indonesia,” J. Educ. Study, vol. 1, no. 1, pp. 97–102, Jun. 2021, doi: 10.36663/joes.v1i1.158.

I. Choli, “PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER PENDIDIKAN TINGGI,” Tahdzib Al-Akhlaq J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 55–66, May 2020, doi: 10.34005/tahdzib.v3i1.831.

P. Watts and K. Kristjánsson, “Character Education,” in Handbook of Philosophy of Education, New York: Routledge, 2022, pp. 172–184. doi: 10.4324/9781003172246-17.

M. Hendayani, “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, p. 183, Nov. 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i2.368.

J. Tang, F. Hasanuddin, N. Nadirah, and S. L, “Case Study, Character Analysis And Development Of Students,” La Ogi English Lang. J., vol. 9, no. 2, pp. 100–110, Jul. 2023, doi: 10.55678/loj.v9i2.1020.

R. T. Hakim and D. A. Dewi, “URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER GUNA CALON GENERASI EMAS BANGSA,” J. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, pp. 258–266, Dec. 2022, doi: 10.31571/pkn.v6i2.2581.

Nur Efendi and Muh Ibnu Sholeh, “Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran,” Acad. J. Teach. Learn., vol. 2, no. 2, pp. 68–85, Oct. 2023, doi: 10.59373/academicus.v2i2.25.

L. A. Aghni, M. Vianty, and I. Petrus, “Character education in English subject: Teachers’ perceptions and strategies,” JEES (Journal English Educ. Soc., vol. 5, no. 2, pp. 127–134, Sep. 2020, doi: 10.21070/jees.v5i2.420.

R. Iskandar, “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Berbasis Ajaran Islam,” LANCAH J. Inov. dan Tren, vol. 1, no. 2, pp. 257–262, 2023.

Published

2024-12-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
N. Alaudin and R. Missouri, “Strategi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Evaluasi Diri Guru dan Pengembangan Kompetensi Kognitif Siswa”, PENDIRI, vol. 2, no. 1, pp. 37–44, Dec. 2024, Accessed: May 05, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/pendiri/article/view/68

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.