Strategi Manajemen Pendidikan Inklusif dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak

Authors

  • Fitri Ayu Saputri Universitas Islam Balitar Author
  • Siti Rohmah Lestari Universitas PGRI Madiun Author

Keywords:

Pendidikan Inklusif, Kebijakan Sekolah, Sekolah Ramah Anak, Strategi Manajemen, Evaluasi Kebijakan

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan pendekatan strategis dalam menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak, di mana setiap siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, mendapatkan akses pendidikan yang setara. Namun, implementasi pendidikan inklusif di sekolah masih menghadapi tantangan, terutama dalam aspek kebijakan sekolah yang belum terstruktur dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kebijakan sekolah dalam mendukung pendidikan inklusif guna mewujudkan sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa sekolah inklusif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen kebijakan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah yang memiliki kebijakan inklusif yang terdokumentasi dan didukung oleh pelatihan guru, fasilitas yang memadai, serta keterlibatan orang tua yang aktif lebih efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang ramah anak. Sebaliknya, sekolah yang kebijakan inklusifnya masih bersifat normatif tanpa implementasi yang jelas mengalami hambatan dalam memberikan layanan pendidikan yang optimal. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan wawasan mengenai peran kebijakan sekolah dalam meningkatkan efektivitas pendidikan inklusif. Implikasi praktisnya mencakup perlunya peningkatan pelatihan guru, penyediaan fasilitas yang memadai, serta penguatan evaluasi kebijakan yang berkelanjutan. Rekomendasi penelitian selanjutnya adalah memperluas cakupan penelitian dan mengkaji perspektif siswa untuk memahami efektivitas kebijakan inklusif secara lebih mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Hikmat, “Implementation of Inclusive Education for Children With Special Needs in Indonesia,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 1888–1896, Feb. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2338.

L. Tyas Pratiwi, M. Nur Maghfiroh, D. Septa Andika, I. Nur Marcela, and A. Faza Afifah, “PERMASALAHAN YANG DIHADAPI DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH INKLUSI DI INDONESIA,” J. Pendidik. Dasar Flobamorata, vol. 3, no. 2, pp. 314–318, Oct. 2022, doi: 10.51494/jpdf.v3i2.704.

K. Ratheeswari and K. Nallathambi, “Challenges and Barriers in Implementing Inclusive Education Policies,” Shanlax Int. J. Arts, Sci. Humanit., vol. 11, no. S1-Nov, pp. 77–83, Nov. 2023, doi: 10.34293/sijash.v11iS1-Nov.6864.

C. Boyle, J. Anderson, A. Page, and S. Mavropoulou, Inclusive Education: Global Issues and Controversies. BRILL, 2020. doi: 10.1163/9789004431171.

N. Poly and K. R. Harishma, “Inclusive Education; Strategies and Challenges,” Shanlax Int. J. Arts, Sci. Humanit., vol. 11, no. S1-Nov, pp. 93–98, Nov. 2023, doi: 10.34293/sijash.v11iS1-Nov.7095.

F. Arriani et al., “Panduan pelaksanaan pendidikan inklusif,” 2021.

M. F. Tharaba, “Mencari model pendidikan karakter di sekolah,” J-MPI (Jurnal Manaj. Pendidik. Islam., vol. 5, no. 1, pp. 66–81, 2020.

E. V. Ginting, R. R. Ginting, R. J. Hasibuan, and L. M. Perangin-angin, “ANALISIS FAKTOR TIDAK MERATANYA PENDIDIKAN DI SDN0704 SUNGAI KORANG.,” J. Pendidik. Indones., vol. 3, no. 4, 2022.

C. R. Mustapa, “Urgensi Tujuan Pendidikan Dalam Praktik Pembelajaran Bahasa Arab,” Tadbir J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 1, pp. 69–84, 2018.

R. Tanjung, Y. Supriani, O. Arifudin, and U. Ulfah, “Manajemen penyelenggaraan pendidikan inklusi pada lembaga pendidikan Islam,” JIIP-Jurnal Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 339–348, 2022.

Y. Rifa’i, “Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset,” Cendekia Inov. Dan Berbudaya, vol. 1, no. 1, pp. 31–37, Jun. 2023, doi: 10.59996/cendib.v1i1.155.

F. Alfikri, N. Khodijah, and E. Suryana, “ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI.,” J. Syntax Lit., vol. 7, no. 6, 2022.

D. Marisana and N. I. Herawati, “Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 3, pp. 5072–5087, 2023.

D. Mustika, A. Y. Irsanti, E. Setiyawati, F. Yunita, N. Fitri, and P. Zulkarnaini, “Pendidikan Inklusi: Mengubah Masa Depan Bagi Semua Anak,” Student Sci. Creat. J., vol. 1, no. 4, pp. 41–50, 2023.

A. R. Wijaya, M. Siregar, and D. Kartika, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi sebagai Pendukung Optimalisasi Layanan Pendidikan di Sekolah Dasar,” Dirasisi, vol. 1, no. 1, 2023.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
F. A. Saputri and S. R. Lestari, “Strategi Manajemen Pendidikan Inklusif dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak”, PENDIRI, vol. 1, no. 2, pp. 76–82, Jun. 2024, Accessed: May 05, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/pendiri/article/view/64

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.