Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Nurlatifah Alaudin SMP Negeri 1 Kota Bima Author
  • Nurjanah SD Negeri 45 Pane Kota Bima Author

Keywords:

Kearifan Lokal, Motivasi Belajar, Keterlibatan Siswa, Pendidikan Kontekstual, Kota Bima

Abstract

Pembelajaran berbasis kearifan lokal menjadi salah satu pendekatan inovatif dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kearifan lokal mencerminkan budaya, nilai, dan tradisi yang relevan dengan lingkungan siswa, sehingga dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan kontekstual. Namun, penerapan model pembelajaran berbasis kearifan lokal masih terbatas, khususnya dalam lingkungan sekolah di Kota Bima. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari siswa sekolah menengah pertama di Kota Bima yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi, angket motivasi belajar, serta wawancara dengan guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, pemahaman konsep yang lebih baik, serta sikap positif terhadap pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai budaya dalam proses pembelajaran dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa model pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Temuan ini memiliki implikasi bagi pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual serta sebagai referensi bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih adaptif terhadap lingkungan budaya siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Kurniati and N. Muthohirin, “Education with local wisdom paradigm: Teaching patterns of religious tolerance in Mbawa Village Donggo District, Bima Regency, West Nusa Tenggara,” J. Soc. Stud., vol. 19, no. 2, pp. 201–214, Oct. 2023, doi: 10.21831/jss.v19i2.63553.

D. F. K. Dwiputra and D. Sundawa, “Analysis of Potentials and Challenges of Culture-based Learning in Indonesia : A Systematic Literature Review,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 9, no. 1, p. 213, Mar. 2023, doi: 10.33394/jk.v9i1.6556.

D. Wahidin, “Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di Abad 21,” Uninus J. Math. Educ. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 15–21, 2020.

A. Dudunggus Dudung, U. Hasanah, and M. Silitonga, “The Education Model for Authorized, Outdoor and Terrible Areas Concerning the Diversity of Environmental, Social and Cultural Conditions (Based on Local Wisdom),” KnE Soc. Sci., vol. 3, no. 12, p. 189, Mar. 2019, doi: 10.18502/kss.v3i12.4085.

H. Hasan, “KAMPUNG PENDIDIKAN DALAM PEMBERDAYAAN PARTISIPASIMASYARAKAT DESA YANG BERKARAKTER DAN BERDAYA SAING,” J. Terap. Abdimas, vol. 3, no. 2, p. 135, Jul. 2018, doi: 10.25273/jta.v3i2.2803.

A. Aris and A. K. Wijaya, “Internalization of Local Wisdom Values In Social Science Learning to Form Students’ Character,” Edueksos J. Pendidik. Sos. Ekon., vol. 12, no. 2, Dec. 2023, doi: 10.24235/edueksos.v12i2.15224.

E. Trisnowati, Wiyanto, B. Subali, and Sulhadi, “Internalization of Magelang’ Local Wisdom in STEM Learning: Analysis of Pottery Making as a Science Learning Resource,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 12, pp. 11242–11249, Dec. 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i12.5181.

S. Sriyati, W. Liliawati, and G. Yuliani, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru IPA dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis Kearifan dan Potensi Lokal,” Yumary J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 211–219, Dec. 2023, doi: 10.35912/yumary.v4i2.2502.

G. A. A. Purnadewi and I. W. Widana, “IMPROVING STUDENT’S SCIENCE NUMERATION CAPABILITY THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PBL MODEL BASED ON LOCAL WISDOM,” Indones. J. Educ. Dev., vol. 4, no. 3, pp. 307–317, Nov. 2023, doi: 10.59672/ijed.v4i3.3252.

I. DAMOPOLİİ, J. H. NUNAKİ, J. JENİ, M. B. RAMPHERİ, and A. AMBUSAİDİ, “An Integration of Local Wisdom into a Problem-based Student Book to Empower Students’ Conservation Attitudes,” Particip. Educ. Res., vol. 11, no. 1, pp. 158–177, Jan. 2024, doi: 10.17275/per.24.10.11.1.

U. Oszwa and T. Knopik, “Self-Determination Theory SDT as educational and upbringing inspiration,” Stud. z Teor. Wych., vol. XIV, no. 4 (45), pp. 165–179, Dec. 2023, doi: 10.5604/01.3001.0054.1202.

Dandi Damara, Muhammad Rizal, Ratu Dinny Fauziah, Abdul Kodir, and Yal Robiyansyah, “RELATIONSHIP OF LEARNING MOTIVATION TO STUDENT ACHIEVEMENT IN THE SUBJECT OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION,” J. Cendekia Ihya, vol. 1, no. 2, pp. 66–73, Nov. 2023, doi: 10.62419/jci.v1i2.25.

Downloads

Published

2024-06-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
N. Alaudin and Nurjanah, “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, PENDIRI, vol. 1, no. 2, pp. 58–66, Jun. 2024, Accessed: May 05, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/pendiri/article/view/61

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.