Penerapan Assessment For Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Reflektif Siswa
Keywords:
Assessment for Learning, Keterampilan Reflektif, Umpan Balik Formatif, Self-assessment, Pembelajaran SiswaAbstract
Keterampilan reflektif merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk mengevaluasi pemahaman mereka sendiri dan meningkatkan strategi belajar secara mandiri. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam merefleksikan proses belajar mereka secara mendalam. Assessment for Learning (AfL) telah diidentifikasi sebagai strategi yang dapat membantu meningkatkan keterampilan reflektif melalui umpan balik formatif dan self-assessment. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan AfL dalam meningkatkan keterampilan reflektif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari 60 siswa sekolah menengah yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui analisis jurnal refleksi siswa, observasi kelas, serta wawancara mendalam dengan guru dan siswa. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji-t untuk membandingkan perbedaan sebelum dan sesudah intervensi, serta analisis kualitatif untuk mengeksplorasi pola refleksi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam AfL mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan reflektif dibandingkan kelompok kontrol. Strategi umpan balik tertulis dan lisan terbukti efektif dalam membantu siswa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, sementara self-assessment meningkatkan kesadaran metakognitif mereka. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa AfL merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan reflektif siswa. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode penilaian formatif di sekolah serta implikasi praktis bagi pendidik dalam mengintegrasikan AfL dalam pembelajaran.
Downloads
References
M. Nobutoshi, “Metacognition and Reflective Teaching: A Synergistic Approach to Fostering Critical Thinking Skills,” Res. Adv. Educ., vol. 2, no. 9, pp. 1–14, Sep. 2023, doi: 10.56397/RAE.2023.09.01.
K. Seden, D. A. Thomas, and S. Rinchen, “Effects of self-assessment on students’ evaluative skills: A convergent mixed-methods study at Samtse College of Education,” Assess. Matters, Oct. 2023, doi: 10.18296/am.0064.
N. Zhai, Y. Huang, X. Ma, and J. Chen, “Can reflective interventions improve students’ academic achievement? A meta-analysis,” Think. Ski. Creat., vol. 49, p. 101373, Sep. 2023, doi: 10.1016/j.tsc.2023.101373.
A. Ratnayake et al., “All ‘wrapped’ up in reflection: supporting metacognitive awareness to promote students’ self-regulated learning,” J. Microbiol. Biol. Educ., vol. 25, no. 1, Apr. 2024, doi: 10.1128/jmbe.00103-23.
J. van der Linden, C. van der Vleuten, L. Nieuwenhuis, and T. van Schilt-Mol, “Formative Use of Assessment to Foster Self-Regulated Learning: the Alignment of Teachers’ Conceptions and Classroom Assessment Practices,” J. Form. Des. Learn., vol. 7, no. 2, pp. 195–207, Nov. 2023, doi: 10.1007/s41686-023-00082-8.
A. Fuady, “BERFIKIR REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” JIPMat, vol. 1, no. 2, Jan. 2017, doi: 10.26877/jipmat.v1i2.1236.
N. Aprilia, “Implementasi Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Program Studi FKIP Universitas Ahmad Dahlan,” J. BIOEDUKATIKA, vol. 4, no. 1, p. 27, Sep. 2016, doi: 10.26555/bioedukatika.v4i1.4739.
T. ELIZA, “STRATEGI UMPAN BALIK SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PEMBELAJARAN: PENERAPAN DAN TANTANGAN,” J. Pendidik. Bhs. Indones., vol. 7, no. 2, p. 170, Nov. 2019, doi: 10.30659/j.7.2.170-175.
T. Andayani and F. Madani, “Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 9, no. 2, pp. 924–930, Jun. 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i2.4402.
S. Wahyuningsih, H. Mahmudah, Z. Alamin, and S. Wahyunti, “USAHA PENANGKARAN BURUNG WALET DITINJAU DARI STUDI KELAYAKAN BISNIS SYARIAH (STUDI DI DESA OI PANIHI KECAMATAN TAMBORA KABUPATEN BIMA),” J-ESA (Jurnal Ekon. Syariah), vol. 5, no. 2, pp. 1–13, Dec. 2022, doi: 10.52266/jesa.v5i2.1173.
M. T. Romadon, P. Pujayanto, and E. Y. Ekawati, “Implementasi Media Pembelajaran dengan Konsep AfL Berbasis Articulate Storyline luntuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kemandirian Siswa SMA,” J. Mater. dan Pembelajaran Fis., vol. 13, no. 2, p. 70, Nov. 2023, doi: 10.20961/jmpf.v13i2.80678.
T. E. Putri, A. Parisyi, H. Salfen, and S. Sohiron, “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Implementasi Self-Assessment: Sebuah Analisis Terhadap Dampaknya pada Mutu Pendidikan,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 12, no. 4, pp. 911–920, 2023.
S. Misbah, “Penerapan metode umpan balik (feed back partner) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia materi struktur dan kebahasaan teks anekdot kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima semester 1 tahun pelajaran 2020/2021,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran Indones., vol. 2, no. 2, pp. 143–154, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Fauzi, Awaluddin Al-zainuri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.