Pemanfaatan Video Animasi dalam Metode Guided Reading untuk Meningkatkan Pemahaman Inferensial dan Tekstual

Authors

  • Maya Sari Dewanti Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Author
  • Budi Hartanto Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Author

Keywords:

Video Animasi, Guided Reading, Pemahaman Inferensial, Pemahaman Tekstual, Literasi Membaca

Abstract

Pemahaman inferensial dan tekstual merupakan keterampilan penting dalam literasi membaca, namun banyak siswa mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan makna tersirat dan memahami struktur teks secara mendalam. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah pemanfaatan video animasi dalam metode Guided Reading. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan video animasi dalam meningkatkan pemahaman inferensial dan tekstual siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari siswa sekolah dasar yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan video animasi dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman inferensial dan tekstual yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji statistik untuk mengukur perbedaan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan pemahaman inferensial dan tekstual yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa integrasi video animasi dalam Guided Reading dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran membaca. Kesimpulannya, penggunaan video animasi terbukti berkontribusi dalam memperkuat pemahaman siswa terhadap teks, baik dari segi inferensial maupun tekstual. Temuan ini memiliki implikasi bagi dunia pendidikan, terutama dalam pengembangan strategi pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan literasi siswa. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang serta efektivitas berbagai jenis video animasi dalam pembelajaran membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. H. Supantriadii and D. Wardana, “Analisis faktor-faktor rendahnya kemampuan membaca siswa kelas 3 SDN 7 Riau Silip,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 2, pp. 3034–3048, 2023.

S. Faridah, R. I. Saputra, and M. I. Ramadhani, “Strategi guru dalam meningkatkan minat membaca siswa SD Negeri 2 Tambang Ulang,” J. Ter. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 5, no. 2, pp. 60–69, 2023.

R. E. Saputra and S. T. A. B. N. Raden, “Penerapan media audio visual pada materi penjumlahan kelas 2 di SDN 3 Wonoboyo,” BAHUSACCA Pendidik. Dasar dan Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 1, 2022.

B. Sunandar, “Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Di Smp Qur’an Nurul Huda Pesawaran,” 2020, UIN Raden Intan Lampung.

C. A. Sidarta and T. N. H. Yunianta, “Pengembangan Video Animasi Pola Konfigurasi Objek Untuk Pembelajaran Jarak Jauh,” Sch. J. Pendidik. Dan Kebud., vol. 12, no. 2, pp. 127–138, 2022.

K. Komalasari, R. Khaerunisa, and A. N. Aeni, “Penggunaan Video Animasi Kartun Islami untuk Meningkatkan Pengetahuan Keislaman Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3962–3971, 2022.

Z. Alamin et al., “PELATIHAN GURU PAUD DALAM PENGGUNAAN APLIKASI EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN,” Taroa J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 45–56, Jan. 2023, doi: 10.52266/taroa.v2i1.2616.

T. Irawan, T. Dahlan, and F. Fitrianisah, “Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 7, no. 01, pp. 212–225, 2021.

D. S. A. Dharma, “Membaca peran teori ekologi bronfenbrenner dalam menciptakan lingkungan inklusif di sekolah,” Spec. Incl. Educ. J., vol. 3, no. 2, pp. 115–123, 2022.

R. Sinaga and D. S. Tanjung, “Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar,” JGK (Jurnal Guru Kita), vol. 3, no. 4, pp. 338–341, 2019.

A. I. Farwati and T. Syaripudin, “Penerapan Metode Guided Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolahdasar,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 91–102, 2021.

C. Kurniawan, S. R. Kusumaningrum, K.-F. T. Lam, and E. Surahman, “Improving Language teaching and learning process with dual coding theory approaches,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, Dan Pengemb., vol. 7, no. 8, p. 281, 2022.

Downloads

Published

2024-11-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
M. S. Dewanti and B. Hartanto, “Pemanfaatan Video Animasi dalam Metode Guided Reading untuk Meningkatkan Pemahaman Inferensial dan Tekstual”, PENDIRI, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, Nov. 2024, Accessed: May 05, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/pendiri/article/view/65

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.