Pendekatan Discovery Learning Berbasis Multiple Intelligences dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Keywords:
Discovery Learning, Multiple Intelligences, pembelajaran IPA, hasil belajar, sekolah dasarAbstract
Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sangat penting dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Discovery Learning berbasis Multiple Intelligences, yang memungkinkan siswa mengeksplorasi konsep sesuai dengan gaya belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode Discovery Learning berbasis Multiple Intelligences dalam meningkatkan hasil belajar IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari 60 siswa sekolah dasar yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran berbasis Discovery Learning dan Multiple Intelligences, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji statistik untuk mengukur efektivitas metode yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Rata-rata peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen mencapai 30,9%, sedangkan pada kelompok kontrol hanya 16,1%. Selain itu, siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi dalam pembelajaran, terutama dalam eksplorasi konsep dan eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Discovery Learning berbasis Multiple Intelligences dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA secara lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Pendekatan ini tidak hanya berdampak pada hasil belajar, tetapi juga meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan berbasis potensi siswa.
Downloads
References
V. Lamanauskas, “NATURAL SCIENCE EDUCATION IN PRIMARY SCHOOL: SOME SIGNIFICANT POINTS,” J. Balt. Sci. Educ., vol. 21, no. 6, pp. 908–910, Dec. 2022, doi: 10.33225/jbse/22.21.908.
Khoirun Naimah, “Inovasi Pembelajaran IPA SD dengan Pemanfaatan Media KIT Alat Sederhana yang Berasal dari Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kreativitas Siswa,” Formosa J. Sci. Technol., vol. 1, no. 2, Jul. 2022, doi: 10.55927/fjst.v1i2.693.
R. Handayani and Pertiwi, “Evaluasi Efektivitas Penggunaan Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah,” Bul. Ilm. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 125–131, Dec. 2022, doi: 10.56916/bip.v1i2.701.
N. N. Sudiartini and I. G. Margunayasa, “PERANAN POSTER EDUKASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR INTERAKTIF MATERI IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR: TINJAUAN SISTEMATIK,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 1503–1513, May 2023, doi: 10.23969/jp.v8i1.7734.
S. Andrean and Abroto, “Simulasi Pembelajaran IPA Menggunakan Computer Based Instruction MI Ma’arif Darussalam Plaosan,” Al - Azkiya J. Ilm. Pendidik. MI/SD, vol. 6, no. 1, pp. 25–37, Jul. 2021, doi: 10.32505/al-azkiya.v6i1.2890.
N. Farida, V. Suwanti, and A. F. Nurdiana, “Penerapan Model Discovery Learning pada Pokok Bahasan Balok Dan Kubus untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa,” Indo-MathEdu Intellectuals J., vol. 4, no. 2, pp. 1258–1265, Oct. 2023, doi: 10.54373/imeij.v4i2.347.
G. Vania Putri, E. Noor Savitri, and H. Setiana, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning,” LAMBDA J. Ilm. Pendidik. MIPA dan Apl., vol. 3, no. 1, pp. 29–36, Jun. 2023, doi: 10.58218/lambda.v3i1.549.
D. Berliana and C. Atikah, “TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN,” J. Citra Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 1108–1117, Jul. 2023, doi: 10.38048/jcp.v3i3.963.
B. Cavas and P. Cavas, “Multiple Intelligences Theory—Howard Gardner,” 2020, pp. 405–418. doi: 10.1007/978-3-030-43620-9_27.
Yi-Chen Chang and Jeng-Fung Hung, “The Effect of Multiple Intelligences-Based Instruction on Learning Motivation and Learning Achievement in Science Courses,” US-China Educ. Rev. B, vol. 8, no. 8, Aug. 2018, doi: 10.17265/2161-6248/2018.08.001.
A. L. Nurmaya G, I. Irsan, S. Suarti, G. Gawise, and H. Siompu, “Analisis Multiple Intelegensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 4, no. 6, pp. 7693–7700, Dec. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i6.4061.
I. Maslo, “GARDNER’S THEORY OF MULTIPLE INTELLIGENCES IN THE LEARNING PROCESS,” Sworld-Us Conf. Proc., no. usc21-01, pp. 85–88, Nov. 2023, doi: 10.30888/2709-2267.2023-21-01-02.
E. I. F. Hidayat, I. A. V. Yandhari, and T. P. Alamsyah, “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 106–113, 2020.
E. H. WH, L. N. Anisa, A. R. Meilani, A. Munasyifa, L. N. Sari, and R. Bashoriyah, “Manajemen Kelas yang Efektif pada Kelas Indoor dengan Menggunakan Discovery Learning,” BIOFAIR, pp. 128–154, 2023.
A. Ramayanti, B. Qomaruzzaman, and Q. Y. Zaqiah, “Implementasi Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelligences di Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Educ. Fkip Unma, vol. 9, no. 4, pp. 1910–1915, 2023.
D. Nita, “Kecerdasan majemuk dan implikasinya dalam pendidikan,” J. Psikol. Univ. HKBP Nommensen, vol. 7, no. 1, pp. 40–49, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurjanah, Ranadira Firza (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.