Strategi Pembelajaran Multidimensional dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.5281/Keywords:
Pembelajaran Multidimensional, HOTS, Sekolah Menengah, PendidikanAbstract
Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang menjadi fokus utama dalam kurikulum pendidikan modern. Namun, banyak siswa di tingkat sekolah menengah masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan HOTS akibat metode pembelajaran yang kurang variatif dan cenderung berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran multidimensional dalam meningkatkan HOTS siswa di SMP Negeri 1 Kota Bima.Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Sampel terdiri dari siswa kelas VIII yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian mencakup tes HOTS, observasi kelas, serta angket persepsi siswa dan guru. Data dianalisis menggunakan uji statistik paired t-test untuk mengukur signifikansi perbedaan skor sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor HOTS yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran multidimensional efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif siswa. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang holistik dan berorientasi pada pengembangan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan metode pengajaran inovatif yang dapat diterapkan oleh guru dalam meningkatkan HOTS siswa. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup eksplorasi strategi pembelajaran multidimensional dalam berbagai mata pelajaran dan analisis dampak jangka panjangnya terhadap perkembangan kognitif siswa.
Downloads
References
F. Alfarisa, S. Supriadi, S. Susilawati, A. D. Rahimah, and R. S. Litundzira, “Analysis of higher order thinking skills (HOTS) mathematics questions,” Ekspose J. Penelit. Huk. dan Pendidik., vol. 21, no. 2, pp. 1428–1435, Dec. 2022, doi: 10.30863/ekspose.v21i2.3406.
Z. Zubaidah, M. Ainin, M. Muassomah, A. M. Albantani, and I. Maimunah, “Higher Order Thinking Skills (HOTS) Level Instructional Book of Arabic Language at Senior High School,” Arab. J. Pendidik. Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 9, no. 2, pp. 151–164, Dec. 2022, doi: 10.15408/a.v9i2.28184.
L. N. I. Sari and I. R. Aulia E, “Development of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Assessment Instruments to Improve Students’ Mathematical Creative Thinking Skills,” Logaritma J. Ilmu-ilmu Pendidik. dan Sains, vol. 10, no. 2, pp. 255–270, Dec. 2022, doi: 10.24952/logaritma.v10i2.6308.
A. Surya, S. Sularmi, S. Istiyati, and R. F. Prakoso, “FINDING HOTS-BASED MATHEMATICAL LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 1, no. 1, Nov. 2018, doi: 10.20961/shes.v1i1.24308.
R. Riswanto, “Exploring Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS): Best Practice in 13 Curriculum at Islamic High School in Bengkulu,” Madania J. Kaji. Keislam., vol. 26, no. 2, p. 197, Dec. 2022, doi: 10.29300/madania.v26i2.8496.
A. Supendi, “Heterogenitas Pengaruh Problem Based Learning: Meta-Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS),” J-PiMat J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 551–558, Dec. 2022, doi: 10.31932/j-pimat.v4i2.2050.
R. Utami, A. Rosyida, J. Arlinwibowo, and G. N. Fatima, “The effectivity of problem-based learning to improve the HOTS: A meta-analysis,” Psychol. Eval. Technol. Educ. Res., vol. 5, no. 1, pp. 43–53, Oct. 2022, doi: 10.33292/petier.v5i1.147.
A. D. Hamdani, N. Nurhafsah, and T. Rustini, “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPS terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 460–468, Dec. 2022, doi: 10.31004/joe.v5i1.620.
S. Nur Hidayat, “PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 01, pp. 65–84, Dec. 2022, doi: 10.55732/jmi.v1i01.717.
D. N. Ahmad, “Analisis Sistem Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif,” Biot. J. Ilm. Biol. Teknol. dan Kependidikan, vol. 8, no. 1, p. 11, Jul. 2020, doi: 10.22373/biotik.v8i1.6600.
A. Muzakar, A. Tohri, and M. Z. Asror, “PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MAHASISWA,” SOSIO EDUKASI J. Stud. Masy. dan Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 36–48, Dec. 2022, doi: 10.29408/sosedu.v6i1.17175.
H. Hikmawati, “Online Learning with Project Based Learning Model to Increase Student HOTS in Waves and Optical Courses,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 4b, Dec. 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i4b.997.
M. F. Mubarok, J. Jaenullah, D. Setiawan, and K. Kushendar, “Pengaruh Strategi Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis,” Ghaidan J. Bimbing. Konseling Islam dan Kemasyarakatan, vol. 6, no. 2, pp. 82–87, Dec. 2022, doi: 10.19109/ghaidan.v6i2.17154.
A. Anjarwati, P. F. Az-Zahra, D. R. Putri, R. G. A. P. T. Kunanti, and D. R. N. Diana, “Penguatan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Assesmen Dengan Memanfaatkan Paradigma Baru,” J. Pendidikan, Sains Dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 56–59, Nov. 2022, doi: 10.47233/jpst.v1i2.263.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurlatifah Alaudin, Randitha Missouri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.