Pendidikan Antikorupsi Berbasis Multiliterasi Digital dalam Pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.5281/Keywords:
Pendidikan Antikorupsi, Multiliterasi Digital, PPKn, Kuasi-Eksperimen, Integritas SiswaAbstract
Pendidikan antikorupsi merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter dan integritas siswa, terutama dalam mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Namun, metode konvensional sering kali kurang efektif dalam menanamkan pemahaman dan sikap antikorupsi yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas model inovatif pendidikan antikorupsi berbasis multiliterasi digital dalam meningkatkan pemahaman dan sikap antikorupsi siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari siswa sekolah menengah yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian mencakup tes pemahaman konsep antikorupsi dan kuesioner sikap antikorupsi, yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan model berbasis multiliterasi digital mengalami peningkatan pemahaman antikorupsi sebesar 52,8%, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya mencapai 28,3%. Selain itu, sikap antikorupsi pada kelompok eksperimen meningkat sebesar 42,8%, sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan 20,2%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan antikorupsi berbasis multiliterasi digital lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan pemahaman dan sikap siswa terhadap nilai-nilai antikorupsi. Model ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran inovatif dalam PPKn dan dapat diadaptasi ke berbagai jenjang pendidikan.
Downloads
References
N. SALSADILA, A. Efritadewi, and H. Widiyani, “Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Indonesia: Masalah dan Solusinya,” Indones. J. Law Justice, vol. 1, no. 2, p. 9, Dec. 2023, doi: 10.47134/ijlj.v1i2.2048.
R. P. Marunduri and H. O. N. Harefa, “Upaya Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Siswa,” Educ. J. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 486–495, Oct. 2022, doi: 10.56248/educativo.v1i2.68.
Andryan, Faisal, Zainuddin, B. A. Kodiyat, and C. Arbas, “Prevention of Money Politics Through Education Politics in Indonesia,” J. Law Sustain. Dev., vol. 11, no. 12, p. e2365, Dec. 2023, doi: 10.55908/sdgs.v11i12.2365.
Dzikraa Febry Fauzie, Komariah Komariah, and Yayang Furi Furnamasari, “Pengembangan E-Book Interaktif Anti Korupsi Melalui Kegiatan P5 Pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Bintang Pendidik. Indones., vol. 1, no. 4, pp. 01–18, Aug. 2023, doi: 10.55606/jubpi.v1i4.1961.
E. R. Dewi, S. Samudi, H. Hasmirati, S. Sujariati, and A. S. I. i Hartawat, “Pengelolaan Digitalisasi Belajar Melalui Literasi Terpadu,” J. Train. COMMUNITY Serv. ADPERTISI, vol. 3, no. 2, pp. 36–45, Jun. 2023, doi: 10.62728/jtcsa.v3i2.451.
F. Mutungi, “Digital Anti-Corruption Typology for Public Sector,” East African J. Inf. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 45–65, Apr. 2023, doi: 10.37284/eajit.6.1.1182.
S. Karo-Karo, M. Pardede, P. R. T. Simamora, and L. Tamba, “Implementation of Character Education for Students in the Era of Digitalization,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. SpecialIssue, pp. 1402–1407, Dec. 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.6424.
H. Satria, R. B. Nafisa, S. V. Putri, and G. Gusmaneli, “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Anak Bangsa di Era Digital,” J. Reg. Dev. Technol. Initiat., vol. 1, pp. 17–26, Dec. 2023, doi: 10.58764/j.jrdti.2023.2.46.
A. Wirabhakti, “Integrasi Nilai Anti Korupsi dalam Kurikulum Sekolah dengan Pendekatan Komisi Pemberantasan Korupsi,” J. At-Tadbir Media Huk. dan Pendidik., vol. 30, no. 2, pp. 173–183, Jul. 2020, doi: 10.52030/attadbir.v30i2.62.
R. Missouri, Z. Alamin, S. Sutriawan, N. Annafi, and L. Lukman, “Kolaborasi Bersama Menuju Pendidikan Berkualitas: Pengalaman Penerapan Service Learning di Sekolah Menengah Atas,” Taroa J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 60–70, Jan. 2022, doi: 10.52266/taroa.v1i1.969.
S. Widodo, “MEMBANGUN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI SEKOLAH DASAR,” J. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 1, pp. 35–44, May 2019, doi: 10.21009/jpd.v10i1.11142.
Z. Alamin, R. Missouri, A. Al-zainuri, and N. Alaudin, “SOSIALISASI DAN PELATIHAN INTERNET SEHAT BAGI ANAK SEKOLAH DASAR,” Taroa J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 1–9, Jul. 2023, doi: 10.52266/taroa.v2i2.1768.
E. N. Rabbianty, Siti Azizah, Mashur Abadi, Nina Khayatul Virdyna, and Ali Said Al-Matari, “Nurturing Ethical Character in Islamic Colleges through Interactive Technology: Lecturers Perspective,” TADRIS J. Pendidik. Islam, vol. 18, no. 2, pp. 33–52, Nov. 2023, doi: 10.19105/tjpi.v18i2.10378.
Sugiarto and A. Farid, “Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 3, pp. 580–597, Jul. 2023, doi: 10.37329/cetta.v6i3.2603.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Awaluddin Al-zainuri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.