Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kartika Kota Bima

Authors

  • Rudiah Rudiah Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Hendra Hendra Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Ade S Anhar Universitas Muhammadiyah Bima Author

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, , Manajemen Pendidikan, , Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui manajemen pendidikan Anak Usia Dini di TK Kartika Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Kartika menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan guru, dan rendahnya partisipasi orang tua. Namun, dengan menerapkan manajemen pendidikan anak usia dini yang efektif, seperti pengelolaan sumber daya yang optimal dan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan anak, kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan. Dalam konteks ini, peran aktif dari berbagai pihak, termasuk guru, orang tua, manajemen sekolah, dan pemerintah setempat, menjadi penting. Kolaborasi yang kuat antara stakeholder dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan merangsang perkembangan anak usia dini secara optimal. Hasil dari penelitian ini dapat meningkatan kualitas pembelajaran melalui manajemen pendidikan Anak Usia Dini di TK Kartika Kota Bima bukan hanya merupakan sebuah keharusan, tetapi juga sebuah investasi dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan adanya dukungan dan komitmen bersama, upaya ini akan membawa dampak positif yang luas bagi perkembangan anak-anak di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, T. K., & Mukhtar, N. (2022). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Perbandingan Pada TK Negeri Pertiwi Dan TK Al Husain Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu). Jurnal Darma Agung, 30(2), 469–486.

Harahap, N., & Br Hasibuan, H. (2023). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 470–481. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.254

Islamiyah Roudhatul, & Musnawi, E. (2022). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Anak Usia Dini. The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 29–34. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece

Julaiha, S., Ramli, A., Oktaviany, V., Sudadi, S., Malik, L. R., & Anwar, H. C. (2023). Analisis Pengaruh Manajemen Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2659–2670. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4507

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369–380. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09

Nisna Nursarofah. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 38–51. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i1.2492

Rasmani, U. E. E., Rahmawati, A., Palupi, W., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Manajemen Soft skills Guru dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 886–893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1584

Downloads

Published

2025-01-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kartika Kota Bima. (2025). AUDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 37-41. https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/audia/article/view/72

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.