Focus And Scope

AUDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual pada Bidang Anak Usia Dini.  Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah :

Berikut adalah beberapa bidang kajian penting dalam pendidikan Anak Usia Dini:

  • Psikologi perkembangan Anak Usia Dini: Memahami proses perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional pada Anak Usia Dini serta bagaimana aspek-aspek ini berinteraksi dalam pembentukan kepribadian dan keterampilan mereka.
  • Kurikulum dan metode pembelajaran: Merancang kurikulum yang sesuai dengan usia anak dini, termasuk pengembangan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan efektif sesuai dengan karakteristik perkembangan anak.
  • Interaksi sosial dan komunikasi: merasakan bagaimana anak-anak pada usia dini berinteraksi sosial dengan teman sebaya dan orang dewasa, serta bagaimana komunikasi yang tepat dapat dikembangkan dalam konteks pendidikan.
  • Kesehatan dan nutrisi: Fokus pada aspek kesehatan dan nutrisi yang berpengaruh pada perkembangan dan kesejahteraan Anak Usia Dini.
  • Kajian tentang keluarga dan lingkungan: Meneliti peran keluarga dan lingkungan sekitar dalam membentuk perkembangan Anak Usia Dini serta bagaimana melibatkan keluarga dalam proses pendidikan.
  • Pendidikan termasuk: Memahami dan menerapkan strategi pendidikan inklusif untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, agar mereka dapat berpartisipasi dalam pendidikan pada tingkat yang sesuai.
  • Kreativitas dan seni: Meneliti pentingnya kreativitas dan seni dalam pembelajaran Anak Usia Dini serta bagaimana mengembangkan potensi seni dan mengungkapkan kreatifitas mereka.
  • Evaluasi dan penilaian: Membahas cara-cara yang tepat untuk menilai kemajuan dan perkembangan Anak Usia Dini tanpa memberikan tekanan yang berlebihan pada mereka.
  • Teknologi dalam pendidikan: waspadai potensi dan risiko penggunaan teknologi dalam pembelajaran Anak Usia Dini, serta bagaimana mengintegrasikan teknologi dengan bijak.
  • Pendidik dan peran guru Meneliti peran pendidik dan guru dalam pendidikan Anak Usia Dini, termasuk peningkatan kualitas pendidikan guru dalam menghadapi tuntutan perkembangan Anak Usia Dini.