Penerapan Finger Painting Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Naru Sape

Authors

  • Sarina Sarina Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Ahmadin Ahmadin Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Abdul Munir Universitas Muhammadiyah Bima Author

Keywords:

Finger Painting, , Meningkatkan Motorik Halus, , Anak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan teknik finger painting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Naru Sape. Motorik halus merupakan kemampuan yang sangat penting bagi perkembangan anak, terutama dalam hal koordinasi tangan dan mata, serta ketepatan gerakan jari dan tangan. Studi ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 anak di TK Negeri Naru Sape. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, lembar penilaian keterampilan motorik halus, dan dokumentasi kegiatan finger painting. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan membandingkan hasil keterampilan motorik halus anak sebelum dan sesudah penerapan teknik finger painting. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan motorik halus anak setelah penerapan teknik finger painting. Pada siklus pertama, rata-rata skor keterampilan motorik halus meningkat dari 65 menjadi 75, sedangkan pada siklus kedua, rata-rata skor meningkat lagi menjadi 85. Peningkatan ini menunjukkan bahwa finger painting dapat menjadi metode yang efektif dalam membantu perkembangan motorik halus Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, W., Mayar, F., Anak, P., Dini, U., Padang, U. N., Halus, P. M., & Dini, A. U. (2021). Perkembangan Motorik Halus melalui Metode Finger Painting. 5, 9158–9162.

Amanda, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok B1 Tk Aba Gambrengan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(5), 39–48. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/581/575

Chayanti, D. F. N., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh 5 Teknik Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.v3n1.1-18

Faradillah, D., Nurhasanah, N., & Tahir, M. (2022). Penerapan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1665–1669. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.828

Halus, M., Anak, P., & Tahun, U. (2021). No Title. 2(2), 236–242.

Hanafi, T. (2022). Penerapan Finger Painting Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 155–171. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.113

J, H., Ramon, A., Putrawan, R., Padila, P., & Andri, J. (2021). Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin dengan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2375

Jumriatin, J., & Anhusadar, L. (2022). Finger Painting Dalam Menstimulus Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 31–49. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.815

Khadijah, Wildani, Pratiwi, R. U., Dasopang, M., & Handayani, F. (2022). Penerapan Permainan Finger Painting dalam Meningkatkan Motorik Halus AUD di TK An-Nizam Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12106–12112.

Maghfuroh, L., & Chayaning Putri, K. (2018). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1). https://doi.org/10.33086/jhs.v10i1.144

Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Di Taman Kanak-Kanak, 4(2), 1018–1025.

Mawardah, O. M., & Octavianti, R. (2022). Meningkatkan Motorik Halus Dengan Media Finger Painting Pada Anak Paud Mandiri Desa Suka Negeri Kabupaten Oku Selatan. JISOS Jurnal Ilmu Sosial, 1(6), 323–328. http://bajangjournal.com/index.php/JISOS

Mona, D., Zulhendri, & Nurmalina. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2(2), 20–29.

Nababan, R., & Tesmanto, J. (2021). Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok Bermain Di TK Advent Tahun Pelajaran 2020/2021. Research and Development Journal of Education, 7(2), 518. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11246

Nurjanah, N., Suryaningsih, C., & Putra, B. D. A. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan BSI, V(2), 65–73.

Oktaviana, A. (2019). No Title.

Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Sri, K., Handayani, W., Manuaba, I. B. S., & Tirtayani, L. A. (2018). e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B2 di TK Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Gan. 6(1).

Sandi, N. V., & Setyorini, R. (2018). Analisis Kegiatan Bimbingan Belajar Pada Anak Usia Dini Dalam Kreativitas Pembelajaran Finger Painting (Melukis Terhadap Peningkatan Motorik Halus). Generasi Emas, 1(2), 128–143. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2749

Sari, M. M., Sariah, & Heldanita. (2020). Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kindergarten/article/view/10983

Sukarini, S. (2020). Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggambar dengan teknik finger painting pada anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 86–93. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31355

Surya, C. M., & Athiroh, W. S. (2023). Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain finger painting. 1(1), 9–14.

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5

Wahyuningsih, S., Wahyuni, S., & Siregar, R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 991–1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892

Wena, P., Subawa, I. P., & Suparya, I. K. (2021). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 110. https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.2147

Downloads

Published

2025-01-10

Versions

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Finger Painting Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Naru Sape. (2025). AUDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29-36. https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/audia/article/view/71 (Original work published 2025)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.