Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan dengan Media Bahan Alam (Biji Jagung) di Paud Arrahman Desa Monta Baru

Authors

  • Murni Murni Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Nurdiniawati Nurdiniawati Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Lukman Lukman Universitas Muhammadiyah Bima Author

Keywords:

Konsep Bilangan, , Media Bahan Alam ( Biji Jagung), , Paud Arrahman.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan pada Anak Usia Dini di PAUD Arrahman Desa Monta Baru melalui penggunaan media bahan alam, yaitu biji Jagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B di PAUD Arrahman yang berjumlah 20 anak. Pada tahap awal, dilakukan observasi untuk mengetahui kemampuan awal anak dalam memahami konsep bilangan. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar anak masih kesulitan dalam mengenal dan memahami bilangan. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan pembelajaran dengan media biji Jagung yang diharapkan dapat menarik minat dan mempermudah pemahaman anak terhadap konsep bilangan. Pembelajaran dilakukan dalam beberapa siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, dan penilaian hasil belajar anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media biji Jagung secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal dan memahami konsep bilangan. Terjadi peningkatan yang signifikan pada aspek mengenal bilangan, menghitung, dan membandingkan jumlah. Anak-anak juga menunjukkan antusiasme dan keterlibatan yang tinggi selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media bahan alam, seperti biji Jagung, efektif digunakan dalam pembelajaran konsep bilangan di PAUD. Penggunaan media ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep bilangan, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar guru-guru PAUD lebih kreatif dalam memanfaatkan bahan alam sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan dasar Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Age, G., Education, I., Rahmatari, S., Islam, U., Mataram, N., Kolase, K., & Halus, M. (2024). Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kegiatan Kolase Pada Pendahuluan. 1(1), 43–50.

Andreani, F., Asnawati, A., & Bendriyanti, R. P. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Media Biji-bijian (Kelompok B DiPAUD Annisa Padang Betuah). Early Childhood Research and Practice, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.33258/ecrp.v4i2.4769

Aripin, N., Prima, E., & Cahaya, I. M. E. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Bahan Alam. Jurnal Usia Dini, 8(2), 58. https://doi.org/10.24114/jud.v8i2.41468

Ayu Raniah, D., Ika Sari Rakhmawati, N., Negeri Surabaya, U., Lidah Wetan, J., Wetan, L., Lakarsantri, K., & Timur, J. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun melalui Pembelajaran STEAM dan Bahan Loose Parts. Journal on Education, 06(01), 7030–7040.

Belajar, K., & Nursalim, A. (2018). ACoMT 2018 Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar melalui Inovasi Pembelajaran.

Doren, M. O. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, 15(1), 165–175.

Familiani, N., & Na’imah, N. (2021). Meningkatkan Motorik Halus Kelompok A melalui Penerapan Media Kolase. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 105–113. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.111

Herlambang, D. N., Sultan, U., Tirtayasa, A., Khosiah, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Divanie Normayulia Herlambang dan belajar untuk memahami orang lain . Oleh karena itu , anak perlu dibimbing. 04(02), 4–6.

Kasih, D., & Mufliha, F. (2023). Vol. 6, No. 2, Juli 2023 Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Riset Golden Age PAUD UHO, 6(2), 296–305.

Koten, A., Keraf, M. K. P., Nona, W. L., & Bali, E. N. (2023). Implementation of STEAM Learning ( Science , Technology , Engineering , Art , and Mathematics ) At Barunawati Kindergarten , Kupang Abstrak. 4(2).

Kumble, G. P., شریفی, م., สุรัตน์ จงดา, Thuemmler, C., Bai, C., Appelo, J., Tapscott, D., Williams, A. D., Cook, N., Me, G., Epidemic, T. N., นพพงษ์ บุญจิตราดุลย์, Dean, J., Rosa Righi, R. da, Alberti, A. M., Singh, M., Gatteschi, V., Lamberti, F., Demartini, C. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9), 1689–1699. https://learn-quantum.com/EDU/index.html%0Ahttp://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Aht

Lestariningrum, A. (2015). Pemanfaatan media biji-bijian sebagai sumber belajar bidang pengembangan matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Efektor, 26(1), 12–18.

Lilis, D. (2019). Jurnal audi. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 3359(1), 63–72. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1485891&val=11545&title=Pengaruh Parenting Style Dan Personality Genetic Terhadap Pengembangan Karakter Anak Di Paud Islamic School

Listiani, P. F., & Kurniawati, W. (2024). Memanfaatkan limbah tanaman jagung sebagai sumber inovasi pendidikan di Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 12(1), 9–19.

Luqman, F., Ariyanto, T., & Nazarullail, F. (2022). Tongkol Jagung sebagai Alat Permainan Edukatif dalam menstimulasi Kemampuan Kognitif anak Usia Dini. 5(2), 608–616.

Miftahul, R. A., Singogalih, U., Sidoarjo, T., Miftahul, R. A., Singogalih, U., Sidoarjo, T., Miftahul, R. A., Singogalih, U., Sidoarjo, T., Varians, A., Arah, D., Anava, T. W., Miftahul, R. A., Singogalih, U., Sidoarjo, T., Interaksi, T., Miftahul, R. A., Singogalih, U., & Sidoarjo, T. (n.d.). 3 1,2,3). 627–646.

Onainor, E. R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Media Biji-Bijian. 1, 105–112.

Purwanti, P., & Zulkarnaen, Z. (2023). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Berbasis STEAM Dapat Membangun Merdeka Belajar Pada Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 38–47. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i1.1469

Rudati, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pembagian Melalui Model Think Pair Share Berbantu Media Jagung untuk Peserta Didik Kelas II SD N 1 Wonocoyo Tahun Ajaran 2017/2018. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(1), 77. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.5093

Shafura, A. A. S., & Adhani, D. N. (2022). Analisis Media Berbahan Dasar Rambut Jagung Untuk Meningkatkan Pengenalan Bilangan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 5(2), 97–102. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i2.583

Sholehah, A. M., Hibana, H., Na’imah, N., & Rahma, A. (2022). Desain Kegiatan Printing (Mencetak) Berbasis Bahan Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5003–5017. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2804

Sufratman. (2022). Integrasi Agama Dan Sains Modern Di Universitas Islam Negeri Integration of Religion and Modern Sains At State Islamic. Al-Afkar, 5(1), 209–228. http://www.al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/211%0Ahttps://www.al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/download/211/139

Suryani, N. A., & Haryono, M. (2018). Improvement of the Logical Intelligence Through Media Kolak (Collage Numbers) Based on Local Wisdom on Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 253. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90

Susanti, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Kegiatan Bermain Mengelompokkan Benda Melalui Media Losse Part Saat di Rumah Saja. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 50–62. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no12022pp50-62

Vela, M. L., & Mulyanti, S. (2022). Review Literatur: Polimer Alam Dalam Pembuatan Bioplastik Berdasarkan Teori dan Praktek. Prosiding …, 286–296. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PSNIP/article/view/769%0Ahttps://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PSNIP/article/viewFile/769/799

Zaini Miftach. (2018). 済無No Title No Title No Title. 09(01), 53–54.

Downloads

Published

2025-01-10

Versions

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan dengan Media Bahan Alam (Biji Jagung) di Paud Arrahman Desa Monta Baru. (2025). AUDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 19-28. https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/audia/article/view/70 (Original work published 2025)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.