Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Karakter Anak Usia Dini di Paud Asy-Syakur Dodu Kota Bima

Authors

  • Jumriati Jumriati Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Ruslan Ruslan Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Muhammadiyah Bima Author

Keywords:

Lingkungan Keluarga,, Karakter,, Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan karakter Anak Usia Dini di PAUD Asy-Syakur Dodu, Kota Bima. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada orang tua dan guru. Sampel penelitian terdiri dari 50 Anak Usia Dini yang terdaftar di PAUD Asy-Syakur Dodu. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier untuk mengukur sejauh mana variabel independen (lingkungan keluarga) mempengaruhi variabel dependen (karakter anak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan karakter anak usia dini. Faktor-faktor seperti pola asuh, interaksi antara orang tua dan anak, serta kualitas komunikasi dalam keluarga ditemukan berkontribusi positif terhadap pembentukan karakter anak. Temuan ini mengindikasikan bahwa upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan keluarga dapat menjadi strategi efektif dalam mendukung perkembangan karakter Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeyola, A. P., Septriani, T., Haryati, A., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2024). Analisis Pola Asuh Strict Parents Terhadap Anak Remaja di Lingkungan Keluarga. Dawuh, 5(1), 27–35. https://siducat.org/index.php/dawuh

Andriani, A. S. (2023). Peran Keluarga Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini.

Asmi, N., Latief, F., Makassar, U. M., Info, A., Religious, K., & Character, R. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS ANAK KELOMPOK B1 DI RA. 7, 68–73.

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202

Aulia, D. R., & Saino. (2024). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Smk Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 86–93.

Az-Zahra, S. F., Pertiwi, H., Athaullah, M. D. A., & ... (2024). Pengaruh Pola Asuh Keluarga Terhadap Karakter Anak Dalam Pendidikan Islam Di Sekolah. Jurnal Pendidikan …, 2(1), 106–116. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/128%0Ahttps://jpk.joln.org/index.php/2/article/download/128/136

Bachtiar, B., & Arismunandar, A. (2024). Pengaruh Lingkungan Organisasi Dan Motivasii Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Pada Sekolah Islam Athirah Makassar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 174–184. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1377

Berliawan, F. B., Suharto, A., & Tyas, W. M. (2024). Kepribadian, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Generasi Z Banyuwangi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(1), 72–83.

Chairunnisa, S., Putri, R. N., Aprilia, P., & Fauziah, M. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Akusisi Bahasa Alami di Masa Kanak-Kanak Awal. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 316–328. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/estetik/article/view/2209/pdf

Dedi Mustofa, R., Sri Rejeki, D., Hani Pamungkas, E., Fauziah, M., Keguruan dan Ilmu Pendidikans, F., & PGRI Yogyakarta, U. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Pemerolehan Bahasa Lisan pada Anak Usia 8-11 Tahun. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 230–237. https://doi.org/10.62017/merdeka

DHIU, K. D., & FONO, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328

Dwi Purnama Wati. (2014). Pendidikan Agama Islam Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam. 7.

Erlandia, E., Rahmi, A., Yarni, L., & Putra, D. P. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP N 01 Rao Selatan Universitas Islam Negeri Sjech M . Djamil Djambek Bukittinggi. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(2), 68–80.

Hanifah, S., & Euis Kurniati. (2024). Eksplorasi Peran Lingkungan dalam Masa Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 130–142. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11576

III, B. (2012). Landasan Teori Dan Kerangka Pemikiran Manajemen Operasional. … Penelitian, Penyusunan Dan …, 7–33. http://pascasarjana.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2012/10/Pedoman-Tesis-PPS-UBL-V5-151012.pdf#page=65

Insan, U., & Utomo, B. (2024). Triwikrama : Jurnal Ilmu Sosial Triwikrama : Jurnal Ilmu Sosial. 3(1), 122–132.

Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 6(3), 16220–16233.

Isa, A. H., Djibu, R., & Anu, Z. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepribadian Anak Usia Dini Di TK PAUD Teratai Desa Dadakitan , Kabupaten Tolitoli PENDAHULUAN Pola asuh orang tua memiliki peran penting dalam perkembangan kepribadian anak usia dini . Masa depan anak sangat tergantun. 3, 312–326.

Keagamaan, K., Dini, A. U., & Islam, P. (2023). Peran Keluarga dalam Membangun Kesadaran Keagamaan Anak Usia Dini : Perspektif Pendidikan Islam Abstrak. 8–14.

Kusumarini, E., Rukhmana, T., Ikhlas, A., Badriyah, K., Sulaiman, M., Haddar, G. Al, & Islami, M. K. (2024). Analisis peran keluarga dalam membentuk karakter islami anak gambaran penelitian yang telah dilakukan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 1670–1674.

Laondang, J. K., Rombe, E. Y., Aritonang, D. E., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Keluarga dalam Mengatasi Pernikahan Dini di Era Teknologi Digital. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 9(1), 29–36.

Mahmud Yusuf Zulfikar, Hafidz, & Syarifah Azzahro. (2024). Penerapan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Desa Beji. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1755–1766. https://doi.org/10.58230/27454312.589

Mardianto, K., Yuliandari, S., Rahmawati, L., & Lestari, I. (2024). Implementasi Metode Pendidikan Akhlak Anak dalam Lingkungan Keluarga untuk Menciptakan Karakter dan Membentuk Generasi yang Berkualitas. 749–757.

Marni, S., Azhari, M. W., & Sukmawati, E. (2024). Penguatan Bahasa Cinta dalam Proses Pendidikan. 7(01), 1–10.

Mukhopadhyay, M. (2014). 済無No Title No Title No Title. J Surg CI Res, 5(1), 47–55.

Nasution, F. (2024). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Yogyakarta: Gava Media, 2(1), 117–126.

Neni Komalasari, Wahyudin, & Sendi Tresa Utami. (2024). Membentuk Kesalehan Anak Sejak Dini dalam Keluarga Berdasarkan Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Ekonomi, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.62495/jpime.v2i1.9

Novianti, F., Bura, M., Sitorus, S., Limbong, L., & Massang, M. (2024). Peran Keluarga Dalam Membentuk Identitas Kristiani Pada Anak. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 4(1), 99–109.

Pujowati, Y. (2024). 2.+Wsn-Ps-02+(13-22). 2(01), 13–22.

Putri, N. A., Fazza, M., Himatul, N., Izza, K., & Nofan, M. (2024). Cendikia Cendikia. 1206, 21–29.

Riska, R., Azis, A., & Tarman, T. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sosial Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 389–401. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1405

Riswan. (2024). No Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. In Proposal.

Saragi, S. N. A., Hutagulung, T., Ginting, K. A. B., & ... (2024). Peran Lingkungan Keluarga dan Sekolah dalam Mendorong Kemajuan Bahasa Anak Usia Dini dengan Rhotacism: Pendekatan pada Kasus di TK Nurul Muslimin. Jurnal …, 8(1), 80–87. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/5998%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/download/5998/3556

Widhyantoro, S., & Hanafi, M. F. (2024). Analisis Karakter Disiplin Peserta Didik Ditinjau dari Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah di Kelas 3 SD Negeri Tugu Jebres Tahun Ajaran 2023 / 2024. 8, 10658–10667.

Downloads

Published

2025-01-20 — Updated on 2025-04-08

Versions

How to Cite

Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Karakter Anak Usia Dini di Paud Asy-Syakur Dodu Kota Bima. (2025). Audia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 8-18. https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/audia/article/view/69 (Original work published 2025)