Hubungan Media Audio Visual Menggunakan Film Animasi dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Telkom Makassar

Authors

  • Alifiyah Hana Pratiwi Hana Universitas Negeri Makassar Author
  • Rusmayadi Rusmayadi Universitas Negeri Makassar Author
  • Herman Herman Universitas Negeri Makassar Author

Keywords:

Media Audio Visual, Film Animasi, Perkembangan Nilai Moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Media Audio Visual Menggunakan Film Animasi dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Telkom Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 Tahun di TK Telkom Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling . Sampel dalam penelitian ini adalah 30 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan korelasi product moment . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel x yaitu media audio visual menggunakan film animasi dengan variabel y yaitu perkembangan nilai moral anak. Hal tersebut dapat dibuktikan dari temuan-temuan dan pengolahan data dengan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,042 kurang dari Alpha yang dipakai yaitu 0,05 maka hipotesis H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fiithrii, Radhiiyatul, and Reinsiia Pradiipta, ‘Peineirapan Meidiia Audiio Viisual Untuk Meiniingkatkan Peireikeimbangan Moral Anak Usiia 5-6 Tahun Dii PAUD Ceimara Iindah Kota Peikan Baru’, PAUD Leictura : Jurnal Peindiidiikan Anak Usiia Diinii, 1.1 (2017), 58–71

Ginanjar, D., & Saleh, A. (2020). Pengaruh Intensitas Menonton Film Animasi Adit Sopo Jarwo Terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(01), 43–55. https://doi.org/10.46937/18202028110

Iindayana, Nur Fajrii, and Muhammad Akiil Musii, ‘Peingaruh Fiilm Aniimasii Teirhadap Peiriilaku Moral Anak Usiia 5-6 Tahun’, JEiCEiD: Journal of Eiarly Chiildhood Eiducatiion and Deivalopmeint, 4.1 (2022), 59–68

Masliikhah, Maiisy, Miita Iisfaul Janah, Siinta Amaliia, Liina Agustiin, and Rhiischa Assabeit Shiilla, ‘Peineirapan Meidiia Audiioviisual Beirbasiis Aniimasii Seibagaii Peinunjang Peimbeilajaran Jarak Jauh Tiingkat Seikolah Dasar’, 2021, 519–30

Nuansarii, Hastii, and Wiidii Sriiyanto, ‘Thei Eiffeictiiveineiss of Usiing Aniimatiion Moviiei iin Iimproviing Speiakiing Skiills of Eileimeintary Studeints’, EiLLTEiR Journal, 2.1 (2021), 47–52 <https://doii.org/10.22236/eillteir.v2ii1.5368>

Safiitrii, Dyah, ‘Peingaruh Peinggunaan Meidiia Fiilm Aniimasii Iislamii Teirhadap Peinanaman Niilaii Agama Dan Moral Pada Anak Usiia Diinii Dii RA Tarbiiyatul Iislam Loram Weitan Jatii Kudus’ (IiAIiN Kudus, 2019)

Sugiiyono, Meitodei Peineiliitiian Kombiinasii (Miixeid Meithods) (Bandung: Alfabeita, 2015)

Suparlan, Meindiidiik Hatii Meimbeintuk Karakteir: Panduan Al-Quran (Yogyakarta: Pustaka Peilajar, 2015)

Suparyanto dan Rosad, ‘Peingaruh Piiliihan Kartun Anak Teirhadap Peiriilaku Anak Dii Peikon Luas Kabupatein Lampung Barat’, Suparyanto Dan Rosad, 5.3 (2020), 248–53

Downloads

Published

2024-05-05

Versions

Issue

Section

Articles

How to Cite

Hubungan Media Audio Visual Menggunakan Film Animasi dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Telkom Makassar. (2024). AUDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 27-35. https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/audia/article/view/3 (Original work published 2024)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.