Pengaruh Penggunaan Media Dice Game Terhadap Kemampuan Literasi Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Fadhilah Kab Gowa
Keywords:
Media Dice Game, Kemampuan LiterasiAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunnaan permainan dadu (dice game) pada kemampuan literasi pada anak-anak kelompok B di TK Nurul Fadhilah Kabupaten Gowa. Penelitian ini mengadopsi pendekatan dengan jenis kuantitatif dan desain penelitian Quasi Eksperimen. Populasi yang diteliti terdiri dari anak-anak kelompok B di TK Nurul Fadhilah Kabupaten Gowa. Sampel sebanyak 30 anak dipilih secara acak, dengan 10 anak berasal dari kelompok B1 dan 5 anak yang dari kelompok B3 sebagai kelompok eksperimen, serta 10 anak dari kelompok B2 dan 5 anak yang berasal dari kelompok B3 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-tes. Hasil uji independent sample t-tes menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00, yang lebih rendah dari tingkat signifikansi (alpha) 0,05. Temuan ini mengindikasikan penolakan terhadap hipotesis nol (H0) dan penerimaan terhadap hipotesis alternatif (H1), yang menyatakan bahwa penggunaan media Dice Game memiliki dampak positif pada kemampuan literasi anak-anak kelompok B di TK Nurul Fadhilah Kabupaten Gowa.
Downloads
References
Asti, A. W., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1),42.Https://Doi.Org/10.35473/Ijec.V3i1.870
Aulia, D. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Batu-Basah Menggunakan Dice Games Untuk Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Sd (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang)
Aulia, P., Asisa, W., Dalianti, N., & Handa, Y. R. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Keuangan Dan Kemudahan Digital Payment Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Makassar. Jurnal Dinamika, 3(1), 23-50.
Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach Dalam Bermain Peran Dan Bererita Terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1)
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134.
Ellysa, A. S., & Muhammad, A. (2021). Buku Panduan Guru: Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi Dan STEAM ( Satuan PAUD).
Flewitt, R. (2011). Bringing Ethnography To A Multimodal Investigation Of Early Literacy In A Digital Age. Qualitative Research, 11(3), 293–310. Https://Doi.Org/10.1177/1468794111399838.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 7(1), 33. Https://Doi.Org/10.22373/Equality.V7i1.8683
Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi Di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940.Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.673
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. Https://Doi.Org/10.22146/Jpsi.16929
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran,2(1),35.Https://Doi.Org/10.26858/Pembelajar.V2i1.5430
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64.
Jawati Ramaikis, 2013 Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri Di PAUD Habibul Ummi II, Jurnal Spektrum PLS Vol. I, No.1, April 2013
Musi, M. A., & Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93-104.
Puspitasari, E., & PIAUD, M. (2018). Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Gue pedia.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2).
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19-28.
Ulfah, M., & Muliawati, N. N. (2013). Konsep Dasar PAUD/Suyadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 AUDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AUDIA Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.