Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Telkom Makassar
Keywords:
Model Discovery Learning, Kemampuan SainsAbstract
Pentingnya mengenalkan sains sejak dini melalui konsep dan kegiatan eksperimen sederhana untuk mengembangkan kemampuan sains anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kemampuan sains anak dengan model Discovery Learning . Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen serta desain penelitian non-equivalent control group design . Populasi penelitian ini siswa TK Telkom Makassar. Ada 20 anak dalam sampel, yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 anak. Proses pengumpulan data yang dilakukan adalah pretest, treatment , dan posttest. Penelitian ini menggunakan analisis statistik non parametrik dan menggunakan analisis uji beda Wicoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sains anak meningkat dengan menggunakan model pembelajaran penemuan dibandingkan pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Estiwi, E., Raharjo, T. J., & Syamwil, R. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMPERKENALKAN KONSEP SAINS PADA ANAK TK B.
Izzuddin, A. (2019). SAINS DAN PEMBELAJARANNYA PADA ANAK USIA DINI. 1.
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157
Luluk Iffatur Rocmah & Nur Hidayatus Sholihah. (2020). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 1–8. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2510
Mulyadi, Y. B. (2021). Materi Pengenalan Sains Melalui Percobaan Sederhana Kelompok B Di PAUD Cerdas Sintang. 5(02).
Musi, M. A., & Bachtiar, M. Y. (2022). PELATIHAN PEMBELAJARAN SAINS SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. 4.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Rahmi, P. (n.d.). PENGENALAN SAINS ANAK MELALUI PERMAINAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR.
Risnawati, A. (n.d.). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini.
Sari, M. L. (2021). IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI.
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fathiyya, Parwoto, Herlina (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AUDIA Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.