Efektivitas Nearpod terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD melalui E-Assessment
DOI:
https://doi.org/10.63866/pendiri.v2i2.85Keywords:
e-assessment, Nearpod, Minat Belajar, Matematika, Sekolah DasarAbstract
Minat belajar merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika yang kerap dianggap sulit oleh siswa sekolah dasar. Seiring berkembangnya teknologi pendidikan, e-assessment berbasis aplikasi interaktif seperti Nearpod menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan e-assessment berbasis Nearpod terhadap peningkatan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas V di salah satu SD negeri di Kota Malang yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan Nearpod dan kelompok kontrol yang menggunakan penilaian konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan peningkatan minat belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol (p < 0.05), di mana kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa e-assessment berbasis Nearpod efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model evaluasi berbasis teknologi yang bersifat interaktif dan partisipatif di tingkat pendidikan dasar. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi digital dalam proses evaluasi pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Rekomendasi diberikan untuk penelitian selanjutnya agar mengeksplorasi efek jangka panjang penggunaan Nearpod serta integrasinya dalam pembelajaran mata pelajaran lain.
Downloads
References
[1] Sarah and I. Muthi, “Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar,” J. Pendidikan, Bhs. dan Budaya, vol. 3, no. 3, pp. 220–230, Jul. 2024, doi: 10.55606/jpbb.v3i3.3994.
[2] Y. Yifan, V. Gopalan, A. A. Supli, S. R. Kumaran, and A. J. A. Alnagrat, “Enhancing Primary School Students’ Motivation in Mathematics Through Game-Based Learning (GBL),” 2024, pp. 261–271. doi: 10.1007/978-3-031-52303-8_19.
[3] A. F. Sembiring, S. Manurung, and R. Sidabutar, “The Effect of Interest in Learning Mathematics on Mathematics Learning Achievement in Class X SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar T.A 2022/2023,” EduMatika J. MIPA, vol. 2, no. 4, pp. 80–85, Nov. 2022, doi: 10.56495/emju.v2i4.280.
[4] J. Radišić and A. Baucal, “Mathematics motivation in primary education: building blocks that matter,” Eur. J. Psychol. Educ., vol. 39, no. 2, pp. 1505–1512, Jun. 2024, doi: 10.1007/s10212-024-00832-7.
[5] P. E. Paramita, “Exploring Student Perceptions and Experiences of Nearpod: A Qualitative Study,” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 17560–17570, Aug. 2023, doi: 10.31004/joe.v5i4.4249.
[6] N. W. Rasmini, P. A. Antara, and I. G. A. A. M. Wulandari, “The Use of Technology-Based Formative Assessment in Improving Mathematics Achievement of Elementary School Students,” J. Educ. Technol., vol. 7, no. 3, pp. 497–503, Nov. 2023, doi: 10.23887/jet.v7i3.67770.
[7] W. Zhao, “Applying Nearpod to the Teaching Chinese as a Second Language class to Enhance Interactions and Collaborations in the Secondary Schools,” 2021. doi: 10.2991/assehr.k.211220.249.
[8] W. N. Yanuarto, E. Setyaningsih, and K. Amri, “Employing Nearpod as a Resource to Encourage Active Students in BYOD Mathematics Learning Model,” JTAM (Jurnal Teor. dan Apl. Mat., vol. 7, no. 1, p. 174, Jan. 2023, doi: 10.31764/jtam.v7i1.11864.
[9] Z. Alamin and R. Missouri, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar melalui Pelatihan Penggunaan Wordwall sebagai Media Interaktif,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 25–33, Nov. 2023, doi: 10.63866/pemas.v1i1.30.
[10] N. W. Powa and E. Murniarti, “THE ANALYSIS OF NEARPOD USE IN MATHEMATICS ONLINE LEARNING AT VOCATIONAL SCHOOL,” J. Din. Pendidik., vol. 15, no. 2, pp. 83–89, Nov. 2022, doi: 10.51212/jdp.v15i2.139.
[11] B. L. Moorhouse and L. Yan, “Use of Digital Tools by English Language Schoolteachers,” Educ. Sci., vol. 13, no. 3, p. 226, Feb. 2023, doi: 10.3390/educsci13030226.
[12] Y. Qi, E. Shen, and S. Xue, “Applying Nearpod to 11th Grade to Improve Classroom Interactions,” 2021. doi: 10.2991/assehr.k.211220.303.
[13] R. Missouri, Z. Alamin, S. Sutriawan, N. Annafi, and L. Lukman, “Kolaborasi Bersama Menuju Pendidikan Berkualitas: Pengalaman Penerapan Service Learning di Sekolah Menengah Atas,” Taroa J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 60–70, Jan. 2022, doi: 10.52266/taroa.v1i1.969.
[14] M. Amalia, M. V. Pratama, N. A. Pratiwi, and A. Fujiarti, “Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD,” J. JENDELA Pendidik., vol. 4, no. 01, pp. 39–47, Feb. 2024, doi: 10.57008/jjp.v4i01.689.
[15] A. E. Putri, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik,” JIM J. Ilm. Mhs. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 2, pp. 533–540, May 2024, doi: 10.24815/jimps.v9i2.30523.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ririn Aura, Anik Ekawati, Dyah Ayu, Sonna Vianty (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.