Integrasi Teknologi Pembelajaran Berbasis AI untuk Meningkatkan Keterlibatan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.63866/pemas.v2i2.87Kata kunci:
Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Interaktif, Keterlibatan Siswa, Teknologi EdukasiAbstrak
Penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran menghadirkan peluang baru untuk meningkatkan keterlibatan belajar siswa dan efektivitas pengajaran guru, khususnya di lingkungan Madrasah Aliyah yang tengah beradaptasi dengan era digital. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaktivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa melalui integrasi aplikasi pembelajaran berbasis AI. Kegiatan dilaksanakan di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bima dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan desain Community-Based Research (CBR), melibatkan 8 guru dan 40 siswa kelas XI IPA dan IPS. Data dikumpulkan melalui kuesioner keterlibatan belajar, wawancara semi-terstruktur, dan observasi kelas. Instrumen divalidasi oleh pakar dan diuji reliabilitasnya (α = 0,84). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan belajar siswa pada aspek afektif (+38,7%), kognitif (+36,7%), dan perilaku (+37,5%) setelah implementasi aplikasi AI seperti Socratic dan Quillionz selama empat minggu. Guru juga menunjukkan peningkatan kesiapan dan antusiasme dalam menerapkan teknologi tersebut, dengan skor rata-rata evaluasi pelatihan mencapai 4,4 dari skala 5. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi AI berkontribusi positif dalam memperkuat proses pembelajaran berbasis digital di madrasah, memperluas pemahaman siswa, serta meningkatkan responsivitas guru terhadap kebutuhan peserta didik. Kesimpulannya, kegiatan ini memberikan kontribusi praktis dalam membangun kapasitas digital pendidik serta kontribusi ilmiah dalam pemetaan efektivitas pembelajaran berbasis AI dalam konteks pendidikan Islam.
Unduhan
Referensi
Alamin, Z. (2023). PENINGKATAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PEMANFAATAN PLATFORM EDUKASI BERBASIS KECERDASAN BUATAN. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 14–22. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1353
Alamin, Z., Lukman, L., Missouri, R., Annafi, N., Mutmainah, S., Khairunnas, K., & Fathir, F. (2023). PELATIHAN GURU PAUD DALAM PENGGUNAAN APLIKASI EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i1.2616
Anas Sofyan, & Salito, S. (2024). Pengembangan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Kecerdasan Buatan: Peluang dan Tantangan di MTs Durul Jazil. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(2), 236–243. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i2.3290
Dei, M. О. (2025). The impact of AI on the adaptation of educational materials and teaching methods to the needs of each student. LatIA, 3, 124. https://doi.org/10.62486/latia2025124
Dewi Ayu Rohana, D., Nurizza Ardhiansyah, A., & Puji Widodo, D. (2024). DIGITAL LEARNING WITH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI): THE CORRELATION OF AI TO STUDENT LEARNING MOTIVATION. International Conference on Aplied Social Sciences in Education, 1(1), 198–209. https://doi.org/10.31316/icasse.v1i1.6913
Ezzaim, A., Dahbi, A., Haidine, A., & Aqqal, A. (2023). AI-Based Adaptive Learning: A Systematic Mapping of the Literature. JUCS - Journal of Universal Computer Science, 29(10), 1161–1198. https://doi.org/10.3897/jucs.90528
Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School Engagement: Potential of the Concept, State of the Evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109. https://doi.org/10.3102/00346543074001059
Gebhard, S. (2008). Vygotsky and the Zone of Proximal Development. In Encyclopedia of Information Technology Curriculum Integration (pp. 948–950). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-59904-881-9.ch148
Isaac, M., Ateeq, M., Hafizh, H., Hu, B., & Shodipo, D. (2023). Leveraging Artificial Intelligence with Zone of Proximal Development: An ARCS Motivational E-Learning Model. 2023 IEEE International Conference on Teaching, Assessment and Learning for Engineering (TALE), 1–8. https://doi.org/10.1109/TALE56641.2023.10398344
Kamal, H., Ritonga, M., & Mudinillah, A. (2024). Fiqh Learning at Madrasah Ibtidaiyah: Enhancing Students’ Academic Performance through a Collaborative Learning Model. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5055
Miranda, A., Rahmawati, S., & Adiyono, A. (2024). GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS DI MADRASAH ALIYAH: MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PARTISIPASI SISWA. FIKRUNA, 7(2), 70–85. https://doi.org/10.56489/fik.v7i2.150
Missouri, R., & Nurkasmir, S. (2024). Analisis Dampak Gamifikasi dalam Manajemen Kelas terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Pendiri: Jurnal Riset Pendidikan, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.63866/pendiri.v2i1.60
Restalia, W., & Khasanah, N. (2025). Transformation of Islamic education in the digital age: Challenges and opportunities. Tadibia Islamika, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.28918/tadibia.v4i2.8964
Sadiku, M. N. O., Ashaolu, T. J., Ajayi-Majebi, A., & Musa, S. M. (2021). Artificial Intelligence in Education. International Journal Of Scientific Advances, 2(1). https://doi.org/10.51542/ijscia.v2i1.2
Sudharsono, M., Rahayu, S., Damayanti, S., & Rahmah, L. (2024). Strategi Efektif dalam Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1415–1423. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3179
Supriandi, S., Haddar, G. Al, Saputri, D. Y., & Halim, C. (2024). Application of Educational Technology and Teachers’ Competence in Improving Teaching Effectiveness in Islamic Education Curriculum in Madrasah Aliyah in Indonesia. The Eastasouth Journal of Learning and Educations, 2(02), 84–96. https://doi.org/10.58812/esle.v2i02.299
Valenzuela Armas, L. L. R. (2023). Inteligencia artificial en la educación: personalización del aprendizaje y adaptación educativa. CID - Centro de Investigación y Desarrollo. https://doi.org/10.37811/cli_w965-41
Unduhan
Diterbitkan
Issue
Bagian
Lisensi
Copyright (c) 2025 Zumhur Alamin, Ihwan, Fathir, Dahlan, Musmuliadin (Author)

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi CC BY-SA 4.0.