Penguatan Kapasitas Komunitas Melalui Pelatihan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa Sukamaju

Authors

  • Husnul Putri Yayasan Ran Edu Center Author
  • Siti Nurkasmir Yayasan Ran Edu Center Author
  • Nurjanah Yayasan Ran Edu Center Author

DOI:

https://doi.org/10.63866/pemas.v2i2.84

Kata kunci:

UMKM, Digital Marketing, Pelatihan, Pemberdayaan Masyarakat

Abstrak

UMKM di Desa Sukamaju, Kabupaten Bandung, masih menghadapi keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk. Kurangnya literasi digital dan keterampilan teknis menjadi hambatan utama dalam meningkatkan daya saing di era ekonomi digital. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui pelatihan digital marketing berbasis praktik langsung. Metode kegiatan meliputi observasi awal, penyusunan materi pelatihan, pelaksanaan pre-test dan post-test, serta evaluasi efektivitas pelatihan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek pengetahuan (dari 59,2 menjadi 86,7) dan keterampilan digital (dari 55,4 menjadi 82,5), dengan rata-rata peningkatan sebesar 27,3 poin. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan pelatihan yang interaktif dan kontekstual mampu meningkatkan kompetensi peserta secara menyeluruh. Kesimpulan dari kegiatan ini menegaskan bahwa pelatihan digital marketing yang dirancang sesuai kebutuhan lokal dapat menjadi strategi efektif dalam pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas. Program ini juga membuka peluang pengembangan berkelanjutan melalui pendampingan dan pembentukan komunitas digital UMKM.

Unduhan

Download data is not yet available.

Referensi

Afandi, A., Amsari, S., & Hayati, I. (2023). Digital marketing training by Lazismu Medan City to increase the MSMEs competitiveness. Community Empowerment, 8(5), 676–681. https://doi.org/10.31603/ce.9122

Alamin, Z., Khairunnas, Teguh Ansyor Larosae, Ummu Rofikah, Randitha Missouri, Sutriawan, & Muh. Alimin. (2024). Membangun Kecerdasan Digital Melalui Integrasi Literasi Digital dan Keamanan Digital. Journal of Excellence Humanities and Religiosity, 1(2), 59–70. https://doi.org/10.34304/joehr.v1i2.247

Alamin, Z., Lukman, L., Missouri, R., Annafi, N., Sutriawan, S., & Khairunnas, K. (2022). PENGUATAN DAYA SAING UMKM MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN TEKNOLOGI DI ERA SOCIETY 5.0. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 112–126. https://doi.org/10.52266/taroa.v1i2.1235

Febrianty, Y., Awaludin, D. T., Safar, M., Kraugusteeliana, K., & Suseno, S. (2024). Digital Skills Improvement for MSMEs in Rural Areas for Online Marketing. Unram Journal of Community Service, 5(3), 195–200. https://doi.org/10.29303/ujcs.v5i3.692

Harmayani, H., Siregar, A., Siregar, E. S., Andriani, D. A., Hsb, H. S., Rusli, R., Nasution, L. A., Khairani, L., Mayzura, M., & Siregar, M. R. R. (2023). Peningkatan Penghasilan Usaha Umkm Rempeyek Desa Serdang Dalam Penjualan Berdasarkan Legalitas Hukum Dan Berbasis Sosial Media. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(4), 545–552. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v6i4.2723

Harwida, G., Tertibi, Y., & Novilia, E. (2024). Digital Marketing Training for MSMEs Sumber Rejeki Bawang in Kediri Regency. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 3(11), 725–734. https://doi.org/10.55927/jpmb.v3i11.12262

Maharani, D. A., & Hasibuan, R. R. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM DI DESA SUMBANG PURWOKERTO UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN JANGKAUAN PASAR. ABDI MAKARTI, 3(2), 130. https://doi.org/10.52353/abdimakarti.v3i2.730

Mustari, N. H. (2024). Pengembangan SDM Dalam Rangka Mewujudkan Ekonomi Kreatif Melalui Pelatihan Digital Marketing (Studi Kasus: UMKM Epiphany Food & Drink). NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–21. https://doi.org/10.32877/nr.v4i1.1767

Purwadhi. (2024). Potensi Memajukan Perekonomian Desa Sukamaju Rancakalong Sumedang Melalui OVOP Jarenju. Bandung Conference Series: Economics Studies, 4(2), 423–432. https://doi.org/10.29313/bcses.v4i2.12521

Putri, S. N. P., Dede Rizal Munir, & Ade Irvi Nurul Husna. (2024). EDUKASI PENGEMBANGAN UMKM GUNA MENINGKATKAN PROFITABILITAS MASYARAKAT DESA MARGALUYU. Jurnal Pendekar Nusantara, 1(3). https://doi.org/10.37776/pend.v1i3.1339

SAS, A., Syam, S., Syafaruddin, A. R. A., Gunawang, S. N., & Alfarauq, S. (2024). Improving Digital Literacy & Digital Marketing Skills of MSMEs in Bonto Manurung Village. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(5), 1552–1565. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i5.22985

SETYONINGRUM, N. R., SAPUTRA, D., & SETIAWAN, H. (2024). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK UMKM PADA KOMUNITAS TUAH DUA SEBILIK TANJUNGPINANG-BINTAN. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 184–191. https://doi.org/10.51878/community.v4i2.3585

Sofyan Hadinata. (2023). Utilization of Digital Marketing in the Development of MSMEs in the Era of Digital Technology. Interkoneksi: Journal of Computer Science and Digital Business, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.61166/interkoneksi.v1i1.5

Sri Hariyanti, & Desi Kristanti. (2024). Digital Transformation in MSMEs: an Overview of Challenges and Opportunities in Adopting Digital Technology. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.55927/jambak.v3i1.8766

Susanti, A., Agustin, U., Akbar, M. S., Latifah, T., & Ramadhani, S. (2024). PENGEMBANGAN UMKM TAHU YANG DI OLAH MENJADI SEMPOL GUNA MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA BANJAR NEGERI. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 92–97. https://doi.org/10.51878/community.v4i1.3246

Tohir, R., Purnamasari, H., & Aditya, I. (2023). PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA WISATA (Studi Kasus pada Desa Wisata Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung). JURNAL TRIAS POLITIKA, 7(2), 293–310. https://doi.org/10.33373/jtp.v7i2.5242

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Issue

Bagian

Artikel

Bagaimana cara mengutip

Putri, H., Nurkasmir, S., & Nurjanah. (2025). Penguatan Kapasitas Komunitas Melalui Pelatihan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa Sukamaju. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEMAS), 2(2), 65-73. https://doi.org/10.63866/pemas.v2i2.84