Pelatihan Literasi Digital dan Pengelolaan Data Pribadi untuk Remaja di Era Big Data
DOI:
https://doi.org/10.63866/pemas.v2i2.74Kata kunci:
literasi digital, big data, data pribadi, jejak digitalAbstrak
Era big data telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara remaja berinteraksi dan mengelola informasi. Meskipun demikian, aktivitas digital yang tinggi juga disertai dengan risiko terkait privasi dan keamanan data pribadi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran akan pentingnya pengelolaan data pribadi di kalangan remaja di Kota Bima. Metode kegiatan yang digunakan antara lain penyuluhan interaktif, studi kasus insiden kebocoran data, dan simulasi pengaturan privasi di platform media sosial. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test yang bertujuan untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Berdasarkan evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman remaja mengenai konsep big data, jejak digital, potensi risiko siber (seperti phishing dan malware), serta tindakan praktis untuk melindungi data pribadinya. Peserta juga menunjukkan antusiasme yang tinggi dan partisipasi aktif selama kegiatan berlangsung. Pelatihan yang diselenggarakan efektif membekali remaja dengan pengetahuan dan keterampilan dasar untuk menavigasi dunia digital dengan lebih aman dan bertanggung jawab, sekaligus meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya menjaga privasi data di tengah masifnya arus informasi.
Unduhan
Referensi
Afandi, A. (2022). Kecerdasan Moral dalam Pendikan PAUD di Era Big Data. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(4), 143–147.
Alamin, Z., Missouri, R., Al-zainuri, A., & Alaudin, N. (2023). SOSIALISASI DAN PELATIHAN INTERNET SEHAT BAGI ANAK SEKOLAH DASAR. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i2.1768
Amirudin, N. (2022). Literasi Digital Dalam Membentuk Karakter Religius Generasi Milenial (Studi tentang Pembentukan Karakter Mahasiswa PAI Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 87–100.
Bickham, D. S., Moukalled, S., Inyart, H. K., & Zlokower, R. (2021). Evaluating a middle-school digital citizenship curriculum (screenshots): Quasi-experimental study. JMIR Mental Health, 8(9), e26197.
Budiman, R., & Syafrony, A. I. (2023). The digital literacy of first-year students and its function in an online method of delivery. Asian Association of Open Universities Journal, 18(2), 176–186. https://doi.org/10.1108/aaouj-01-2023-0017
Cahyani, N., Hutagalung, E. N. H., & Harahap, S. H. (2024). Berpikir Kritis Melalui Membaca: Pentingnya Literasi Dalam Era Digital. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 417–422. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1795
Floridi, L., Cowls, J., Beltrametti, M., Chatila, R., Chazerand, P., & Dignum, V. (2021). An ethical framework for a good AI society: Opportunities, risks, principles, and recommendations. Ethics Govern Polic Artif Intell 12: 19–39.
Haggart, B. (2019). The age of surveillance capitalism: The fight for a human future at the new frontier of power, S. Zuboff (2018). journal of digital media & policy, 10(2), 229–243.
Livingstone, S., Mascheroni, G., & Staksrud, E. (2018). European research on children’s internet use: Assessing the past and anticipating the future. New media & society, 20(3), 1103–1122.
Muslimin, D., Alamin, Z., Alizunna, D., Ainia, R. N., Prakoso, F. A., Missouri, R., Masita, Allo, K. P., Nugraha, D., Milu Susetyo, A., & Fridayani, H. D. (2024). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. CV LAUK PUYU PRESS. https://zenodo.org/doi/10.5281/zenodo.15270640
Mustofa, R. H. (2020). Is Big Data Security Essential for Students to Understand? HOLISTICA Journal of Business and Public Administration, 11(2), 161–170.
Natasuwarna, A. P. (2019). Tantangan menghadapi era revolusi 4.0-big data dan data mining. SINDIMAS, 1(1), 23–27.
Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data.
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Wahono, H. T. T., & Effrisanti, Y. (2018). Literasi Digital di Era Millenial. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran STKIP PGRI Jombang, 185–193.
Unduhan
Diterbitkan
Issue
Bagian
Lisensi
Copyright (c) 2025 Siti Mutmainah, Teguh Ansor Lorosae, Zumhur Alamin (Author)

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi CC BY-SA 4.0.