Penguatan Literasi Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga melalui Program Edukasi Digital

Authors

  • Irna Eliyana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Author
  • Muhammad Lukman Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Author
  • Pipit Aprianti Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Author

DOI:

https://doi.org/10.63866/pemas.v2i1.58

Kata kunci:

literasi keuangan, ibu rumah tangga, edukasi digital, pengelolaan keuangan

Abstrak

Literasi keuangan merupakan keterampilan penting bagi ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan keluarga secara efektif. Namun, rendahnya akses terhadap edukasi keuangan menyebabkan banyak ibu rumah tangga mengalami kesulitan dalam perencanaan anggaran, pengelolaan utang, dan pemahaman produk keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan ibu rumah tangga melalui program edukasi digital berbasis ceramah dan pendampingan. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen kuesioner dan wawancara semi-terstruktur. Program ini diikuti oleh 30 ibu rumah tangga di Desa Bulujaran Lor, yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi tertentu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat literasi keuangan peserta, dengan peningkatan rata-rata skor post-test sebesar 25% dibandingkan pre-test. Analisis wawancara juga mengungkapkan bahwa peserta lebih sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan dan mulai menerapkan strategi perencanaan anggaran serta pengendalian pengeluaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan model edukasi keuangan berbasis digital yang dapat diterapkan pada kelompok masyarakat dengan akses terbatas terhadap pelatihan keuangan formal. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi berbasis digital dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan literasi keuangan ibu rumah tangga. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi efektivitas program dengan cakupan peserta yang lebih luas dan evaluasi dampak jangka panjangnya terhadap perilaku keuangan keluarga.

Unduhan

Download data is not yet available.

Referensi

Alamin, Z., Lukman, L., Missouri, R., Annafi, N., Mutmainah, S., Khairunnas, K., & Fathir, F. (2023). PELATIHAN GURU PAUD DALAM PENGGUNAAN APLIKASI EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i1.2616

Dalimunthe, S., Mardiyati, U., Handarini, D., & Safitri, N. (2022). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga melalui Pelatihan Perencanaan Keuangan. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 2(2), 30–36. https://doi.org/10.36406/progresif.v2i2.683

Fadhillah, N., & Alamin, Z. (2021). Jual Beli Online dengan Sistem Dropship dalam Perspektif Islam. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(2), 113–126. https://doi.org/10.52266/jesa.v4i2.733

Garu, S., & Dash, S. (2023). Role of Financial Literacy in Driving Financial Inclusion and Economic Growth of Women in Odisha. Parikalpana: KIIT Journal of Management, 19(2), 194. https://doi.org/10.23862/kiit-parikalpana/2023/v19/i2/223470

Hamzah, A., Dwi Martika, L., Rita Puspasari, O., & Nurfatimah, S. (2023). Economic Empowerment of Households through Financial Management Training in Ciputih Village. MOVE: Journal of Community Service and Engagement, 3(2), 46–51. https://doi.org/10.54408/move.v3i2.275

Kumalasari, F., Astaginy, N., Bay, A. Z., Wonua, A. R., & Ismanto, I. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan dalam Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Keluarga yang Baik pada Masyarakat Desa Raoda Kolaka Utara. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/berdaya.v6i1.1151

Maurya, R. (2023). Financial Literacy among Salaried Women in India. PRAGATI: Journal of Indian Economy, 10(2), 58–76. https://doi.org/10.17492/jpi.pragati.v10i2.1022304

Missouri, R., Alamin, Z., Sutriawan, S., Annafi, N., & Lukman, L. (2022). Kolaborasi Bersama Menuju Pendidikan Berkualitas: Pengalaman Penerapan Service Learning di Sekolah Menengah Atas. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60–70. https://doi.org/10.52266/taroa.v1i1.969

Nushikyan, I. (2023). IMPACT OF FINANCIAL LITERACY LEVEL ON THE FINANCIAL MARKET OF THE REPUBLIC OF ARMENIA / ՖԻՆԱՆՍԱԿԱՆ ԳՐԱԳԻՏՈՒԹՅԱՆ ՄԱԿԱՐԴԱԿԻ ԱԶԴԵՑՈՒԹՅՈՒՆԸ ՀՀ ՖԻՆԱՆՍԱԿԱՆ ՇՈՒԿԱՅԻ ՎՐԱ. Проблемы Социально-Экономического Развития: Поиски, Перспективы, Решения, 214–233. https://doi.org/10.61546/25792679-2023.2-psd-16

Qian, R. (2023). Management of Personal Finances and Investment Decisions. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 64(1), 202–212. https://doi.org/10.54254/2754-1169/64/20231532

Rizki Eka Putri, W. (2020). Peningkatan Pemahaman dan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Pencapaian Kesejahteraan dan Kemandirian Rumah Tangga. Jurnal Sumbangsih, 1(1), 101–105. https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.16

Vivi Armadhani, & Hwihanus Hwihanus. (2023). Analisis Literasi Masyarakat Tentang Pengelolaan Keuangan Pribadi Terhadap Tabungan, Investasi, dan Pengeluaran. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 33–47. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i2.1173

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-22

Bagaimana cara mengutip

Irna Eliyana, Muhammad Lukman, & Pipit Aprianti. (2024). Penguatan Literasi Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga melalui Program Edukasi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEMAS), 2(1), 37-43. https://doi.org/10.63866/pemas.v2i1.58