Peningkatan Literasi Digital dalam Memahami Ajaran Islam di Era Digital: Program Edukasi bagi Remaja Muslim

Authors

  • Randitha Missouri Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Nurul Zuhriyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Sri Jamilah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Bima Author

DOI:

https://doi.org/10.63866/pemas.v1i2.50

Kata kunci:

Literasi Digital, Media Sosial, Pendidikan Islam, Pemuda Muslim, Era Digital

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi digital telah mengubah cara remaja Muslim mengakses dan memahami ajaran Islam, terutama melalui media sosial. Namun, rendahnya literasi digital menyebabkan maraknya misinformasi keislaman yang beredar tanpa verifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran literasi digital dalam meningkatkan pemahaman ajaran Islam di era digital, khususnya di kalangan remaja Muslim di Jember, Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan edukasi literasi digital islami. Kegiatan ini melibatkan serangkaian workshop dan diskusi interaktif dengan remaja Muslim dalam rentang waktu September-Desember 2023. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner sebelum serta sesudah intervensi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital yang baik berkontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman ajaran Islam secara kritis dan rasional. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan kemampuan remaja dalam mengevaluasi kredibilitas sumber informasi keislaman serta menyaring konten yang sesuai dengan prinsip ajaran Islam. Selain itu, dakwah digital berbasis media sosial terbukti lebih efektif ketika disajikan dengan pendekatan edukatif dan menarik. Literasi digital penting dalam membentuk pemahaman keislaman yang lebih baik di era digital. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara pendidik, tokoh agama, dan pembuat konten untuk menghadirkan informasi Islam yang valid dan menarik bagi generasi muda.

Unduhan

Download data is not yet available.

Referensi

Agus, A. (2023). REACHING THE MILLENNIAL GENERATION THROUGH DA’WAH ON SOCIAL MEDIA. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 6(2), 129–144. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v6i2.186

Alamin, Z. (2023). PENINGKATAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PEMANFAATAN PLATFORM EDUKASI BERBASIS KECERDASAN BUATAN. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 14–22. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1353

Andriani, A. D. (2023). Digital Literacy as a Media for Da’wah Communication in Overcoming Disaster Hoaxes in Cianjur Regency. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 17(2), 373–396. https://doi.org/10.15575/idajhs.v17i2.29298

Apriya, S., Akbar, W., & Jaki, A. (2023). The urgency of digital literacy in social media to prevent fraud in Islamic banking. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(3), 135–154. https://doi.org/10.36407/serambi.v5i3.1118

Khadiq. (2023). Transformation of Islamic Religious Practices in the Digital Era. Jurnal Dakwah, 24(2). https://doi.org/10.14421/jd.2023.24205

Muzayanah, A., & Lubis, Y. M. (2023). Dinamika Dakwah Islam dalam Era Digital: Kajian terhadap Strategi Implementasi dan Tantangan yang Dihadapi. El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 4(02), 161–180. https://doi.org/10.53678/elmadani.v4i02.1461

Nur’aena, L. (2023). Transforming Children’s Character Education in Islamic Da’wah in the Era of Social Media. Jurnal Dakwah, 24(2). https://doi.org/10.14421/jd.2023.24204

Ratmiati, R., Syabri, H., Faziola, F., Bari, I. J. A., & Azmi, F. (2023). The Use of Social Media as a Platform for Obtaining and Disseminating Da’wah Content by College Students. Journal of Islamic Education Students (JIES), 3(2), 166. https://doi.org/10.31958/jies.v3i2.11511

Salsabila, A. A., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2023). Pentingnya Literasi di Era Digital dalam Menghadapi Hoaks di Media Sosial. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 45–54. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1775

Tanjung, L. A., Mardianto, M., & Halimah, S. (2023). Development of Islamic Religious Education (PAI) Learning Media Based on TikTok to Improve Students’ Critical Thinking Skills. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 7(2). https://doi.org/10.29062/edu.v7i2.693

Yunita Pratiwi, M., Natuna, U., & Kartubi. (2023). DAKWAH DI MEDIA SOSIAL: TINJAUAN KONSEPTUAL TERHADAP “ART OF DAKWAH” KARYA FELIX SIAUW. Jurnal Agilearner, 1(2), 14–31. https://doi.org/10.56783/ja.v1i2.38

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-18

Issue

Bagian

Artikel

Bagaimana cara mengutip

Randitha Missouri, Nurul Zuhriyah, & Sri Jamilah. (2024). Peningkatan Literasi Digital dalam Memahami Ajaran Islam di Era Digital: Program Edukasi bagi Remaja Muslim. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEMAS), 1(2), 50-59. https://doi.org/10.63866/pemas.v1i2.50