Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar melalui Pelatihan Penggunaan Wordwall sebagai Media Interaktif

Authors

  • Zumhur Alamin Universitas Muhammadiyah Bima Author
  • Randitha Missouri Universitas Muhammadiyah Bima Author

Keywords:

Kreativitas Guru, Motivasi Siswa, Pembelajaran Interaktif, Wordwall

Abstract

Pelatihan penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif di Sekolah Dasar Negeri 05 Kota Bima bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi pendidikan. Pelatihan dilakukan dengan metode partisipatif yang melibatkan guru-guru dalam tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil survei menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru mengenai penggunaan Wordwall, dengan peningkat rata-rata 65%. Selain itu, pelatihan ini mendorong kreativitas guru dalam menciptakan materi pembelajaran yang interaktif dan menarik, serta mengadaptasi materi sesuai kebutuhan siswa. Peningkatan kreativitas ini tercermin dalam kemampuan guru untuk memanfaatkan beragam template interaktif dan mendesain materi yang lebih hidup. Penggunaan Wordwall juga berdampak positif pada motivasi dan keterlibatan siswa, membuat mereka lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih termotivasi melalui aktivitas yang kompetitif dan kolaboratif, yang membantu meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Secara keseluruhan, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan efektif, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikarani, Y., & Amirudin, M. F. (2021). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi. ej, 4(1), 93–116. https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.296

Arita Marini, Sri Nuraini, Desy Safitri, Sujarwo, Nurzengky Ibrahim, & Yustia Suntari. (2022). SOCIALIZING INNOVATIVE TEACHING TO SUPPORT PRIMARY SCHOOL DIGITALIZATION FOR PRIMARY SCHOOL TEACHERS IN JAKARTA PROVINCE IN INDONESIA. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(5), 4917–4924. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i5.3396

Buchari, A. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Hartati, S., Fernadi, M. F., & Utama, E. P. (2022). Integrasi Teknologi Baru dalam Meningkatkan Pendidikan Islam di Indonesia. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 159–178. https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i2.581

Indriana, F. D., & Salam, R. (2022). PERAN GURU IPS DALAM PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 33 SEMARANG. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(1), 30–38. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i1.54175

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175–182.

Nugraha, W. S., Suryaningrat, E. F., Nurjamaludin, M., Nuriyanti, R., & Hakim, A. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Kurikulum Merdeka Guru di Sekolah Dasar. Badranaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 52–59. https://doi.org/10.31980/badranaya.v1i02.716

Rahayu, I. T., Pramuswari, M. F., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd/Mi. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 97–110.

Rama, M. (2022). The advantages of Implementing ICT IN Teacher Education. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation, 217–219. https://doi.org/10.54660/anfo.2022.3.6.6

Syaifudin, M. (2021). Integrasi teknologi dalam pembelajaran di kelas. In Kanzun Books (Vol. 1, Nomor 69, hal. 1–210). Kanzun Book.

Tayaban, A. D. (2022). Students’ And Teachers’ Perspectives on ICT Integration in Learning Process During Pandemic. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 3(12), 2622–2630. https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.12.15

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar melalui Pelatihan Penggunaan Wordwall sebagai Media Interaktif. (2023). PEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25-33. https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/pemas/article/view/30