Transformasi Pendidikan Inklusif: Optimalisasi Kesetaraan melalui Metode Pembelajaran Responsif dan Keterlibatan Komunitas
Keywords:
Pendidikan Inklusif, Keterlibatan Orang Tua, Perubahan Sikap Guru, Partisipasi Komunitas, Kesetaraan PendidikanAbstract
Pendidikan inklusif, sebagai paradigma utama dalam dunia pendidikan, menghadirkan tantangan dan peluang dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang merata dan mendukung bagi semua individu. Artikel ini mengeksplorasi implementasi metode pembelajaran inklusif dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai langkah kritis menuju kesuksesan pendidikan inklusif. Hasil penelitian mencatat peningkatan signifikan dalam prestasi belajar siswa, dengan metode pembelajaran inklusif yang responsif terhadap keberagaman. Keterlibatan orang tua juga terbukti menjadi pilar penting, dengan perubahan sikap positif yang terjadi di kalangan guru. Pentingnya peran komunitas dalam menciptakan budaya inklusif ditekankan melalui temuan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan lembaga lokal dan acara publik. Partisipasi komunitas bukan hanya sebagai penonton, melainkan sebagai agen perubahan yang aktif, memberikan dukungan pada upaya pendidikan inklusif. Melalui kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan, guru, orang tua, dan komunitas, artikel ini merinci transformasi positif dalam pendekatan pendidikan inklusif. Sebagai kontribusi pada literatur pendidikan inklusif, artikel ini memberikan pandangan holistik dan solusi praktis yang dapat membantu pembaca dalam memahami, mengadopsi, dan mengoptimalkan pendidikan inklusif di berbagai konteks pendidikan.
Downloads
References
Achmad, S. (2019). Membangun pendidikan berwawasan gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 70–91.
Azizah, A. N. (2023). Peran Guru PAI dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Inklusif di Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(7), 81–93.
Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM SEKOLAH INKLUSI BERDASARKAN KEBUTUHAN PERSEORANGAN ANAK DIDIK. Jurnal Pendidikan, 21(1), 51–63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020
Husni, M. (2018). Diferensiasi Peserta Didik dalam Kebersamaan di Kelas Inklusif (Sekolah Garasi Turen Malang). Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Series 1, 479–488.
Jesslin, J., & Kurniawati, F. (2020). Perspektif Orangtua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 72. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p72-91
Salsabila, H., Raspati, M. I., Annisa, F. Y., Andini, D. W., & Praheto, B. E. (2021). Metode Sariswara Sebagai Akomodasi Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2).
Sari, E. N., Fauziah, H. N., Muna, I. A., & Anwar, M. K. (2021). Efektivitas model pembelajaran scramble dengan pendekatan socio-scientific terhadap rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 354–363.
Sari, F., & Pujiastuti, H. (2023). EVALUASI EFEKTIFITAS KURIKULUM INKLUSI DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3158–3169.
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020). Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 241. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.458
Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran elektronik (e-learning) dan internet dalam rangka mengoptimalkan kreativitas belajar siswa. Edunomic, 1(2), 271687.
Yulistiyanto, D., Fahmid, S., & Renna, R. (2021). MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR. Didaktikum, 21(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Budi Santoso, Siti Rahayu, Devi Fitriani, Ahmad Syahputra (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.