Penguatan Majelis Taklim Annisa dan TPQ Al-Ikhlas melalui Pendampingan dan Pembinaan di Desa Risa Kabupaten Bima
Keywords:
Pendampingan, Majelis Taklim, TPQ, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan gambaran tentang pendampingan dan pelatihan yang diberikan kepada Majelis Taklim Annisa dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas di Desa Risa Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Peran penting Majelis Taklim Annisa dan TPQ Al-Ikhlas dalam membentuk karakter dan keimanan masyarakat Desa Risa menjadi fokus utama. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggabungkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pendampingan dan pelatihan pada kedua entitas tersebut difokuskan pada peningkatan kualitas kegiatan keagamaan dan pendidikan di tingkat desa. Pendampingan melibatkan berbagai kegiatan, seperti pelatihan dan bimbingan teknis yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pembinaan ini dilaksanakan melalui kolaborasi antara pihak desa, tokoh agama, dan masyarakat setempat. Dampak dari kegiatan pendampingan dan pelatihan ini mencakup peningkatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan dan pendidikan Islam. Majelis Taklim Annisa dan TPQ Al-Ikhlas menjadi pusat pembelajaran dan kegiatan sosial yang memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat Desa Risa. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pihak terkait dalam merancang program serupa di daerah-daerah lain.
Downloads
References
Abdillah, H. (2019). Peranan Orangtua Dan Guru Sebagai Pendidik Dalam Membentuk Karakter Anak. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 3(2), 219–250. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i2.42
Adriani, B. (2021). Peran Keberadaan Majelis Taklim Nurul Ikhsan Mambi Terhadap Kehidupan Rumah Tangga Di Kelurahan Mambi Kecamatan Mambi Kabupaten Mamasa. Alhaqiqah: Jurnal Komunikasi Dan …, 21–30.
Millah, H., & Aziz, A. (2021). Pendampingan Program Taman Pendidikan Al Qur’an (Tpq) Di Desa Binor Kecamatan Paiton Probolinggo Hayatul. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 207.
Mulyanti, S., Kusmana, T., Fitriani, T., Fakultas, D., Kesehatan, I., & Muhammadiyah Tasikmalaya, U. (2021). Pola Pengasuhan Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah :Literature Review. Healthcare Nursing Journal, 3(2), 116–124. https://doi.org/10.35568/healthcare.v3i2.1333
Munawaroh, M., & Zaman, B. (2020). Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat. Jurnal Penelitian, 14(2), 369. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.7836
Nida, N. H., Putri, G. M., & Anshari, A. R. (2023). Peran Majelis Ta’lim Nurul Musthofa Dalam Dukungan Islami Remaja Batu Ampar. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 580. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1851
Peraturan Pemerintah Ri. (1989). No.2 Tahun 1989 Tentang Standar Pendidikan Nasional. 1, 17. https://peraturan.bpk.go.id/home/details/46794/uu-no-2-tahun-1989
Rahmawati, M. (2019). Mendidik Anak Usia Dini Dengan Berlandaskan Pemikiran Tokoh Islam Al-Ghazali. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 274. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2271
Riyadi, A. (2019). Pengembangan Masyarakat Lokal Berbasis Majelis Taklim Di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 38(1), 1. https://doi.org/10.21580/jid.v38.1.3966
Rohmatullah, Y. (2023). Kebijakan Tentang Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Non Formal. 13(December), 94–106.
Sari, W., & Yuzaidi. (2021). Pendidikan Al-Quran Anak Usia Dini: Penelusuran Atas Beberapa Metode. Jurnal Idrak, 3(2), 311–322. http://jurnal.stit-rh.ac.id/index.php/idrak/article/view/34
Sarjayani, A. P. (2020). Peranan Majelis Taklim Anas Bin Malik Dalam Membina Silaturrahim Masyarakat Desa Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten …. Jurnal Mercusuar, 1(2), 90–101. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/mercusuar/article/view/18025
Syamsidar, S. (2019). Strategi Komunikasi Majelis Taklim Nurul Ishlah Sebagai Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama. Jurnal Jurnalisa, 4(1). https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5625
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Windari, N. N. S., & Herlina, H. (2020). Pengaruh Program Pelibatan Keluarga Dalam Kelas Inspirasi Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Di Paud Ceria Dusun Muhajirin Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 6(1). Https://Doi.Org/10.33394/Jtni.V6i1.2978
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Jamilah, Randitha Missouri, Lukman, Ade S. Anhar, Zumhur Alamin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.