Peningkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar melalui Teknologi Digital: Bukti dari Program Pengabdian Masyarakat KKM di Indonesia

Authors

  • Delsa Miranty Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Author
  • Wahyu Aji Prasetya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Author

DOI:

https://doi.org/10.63866/pemas.v3i1.102

Kata kunci:

Literasi, Sekolah Dasar, Teknologi Digital

Abstrak

Proyek pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui Program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) pada Juli 2025 dengan fokus pada pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan literasi siswa sekolah dasar di Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan. Program ini bertujuan memperkuat keterampilan membaca anak dengan memperkenalkan alat digital sederhana yang sesuai dengan usia mereka. Sebanyak 30 peserta, yang terdiri atas siswa dan orang tua, mengikuti pelatihan, pendampingan, serta praktik langsung menggunakan tablet dan aplikasi membaca interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan: pemahaman bacaan siswa meningkat dari 40% (pre-test) menjadi 75% (post-test), dan 80% orang tua melaporkan memperoleh pengetahuan baru tentang literasi digital. Selain dampak individual, program ini juga menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang literasi berbasis teknologi. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi teknologi dalam kegiatan literasi dapat menjadi strategi efektif untuk menjawab rendahnya capaian literasi di Indonesia sebagaimana ditunjukkan oleh laporan PISA 2022. Program ini berkontribusi dengan menawarkan model literasi digital yang menggabungkan partisipasi aktif anak dan pendampingan orang tua, serta mendukung tujuan Gerakan Literasi Nasional.

Unduhan

Download data is not yet available.

Referensi

Adawiah, S., Puadah, N. N., Apriani, I., & Yuliantika, W. (2024). Pendampingan Orang Tua Sebagai Upaya Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi Bagi Anak. EXCELLENT (Journal of Islamic Studies), 1(2), 82–91.

Alawi, N. A., Rimang, S. S., Akib, T., & Hardianto, A. (2025). Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Wilyah Terpencil: Pengabdian Masyarakat. JURNAL ABDIMAS PATIKALA, 4(1380–1384).

Bisri, A. M., Muid, A., & Khamim, N. (2023). Hambatan Utama Implementasi Merdeka Belajar pada Perguruan Tinggi Swasta. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 409–416. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.629

Fajriati, R., Mutiawati, & Ashlan, S. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Bahasa dan Siswa Kelas V SDN Banda Aceh. Journal of Education Science, 10(1).

Fauziya, A. S., & Aliyah, F. H. (2024). Pendampingan Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi pada Anak Usia Dini di Rumah. Recqa : Research Early Childhood Qurrota A’yun, 33–40.

Ikramina, M. B. (2025). Budaya Literasi Siswa Sebagai Pendidikan Karakter Islami di MI AL Khoiriyah 2 Semarang. Al-Mubtadi: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 249–263. https://doi.org/10.58988/almubtadi.v2i2.399

Kurniawan, D., Husna, A., Nurlela, M. P. F., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis Pengalaman Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Dan Menyenangkan. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.893

Mauluddia, Y., & Yulindrasari, H. (2024). Peran Literasi Digital dalam Mendukung Perkembangan Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Teknologi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6166

Miranty, D. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sumber Literasi Untuk Meningkatkan Budaya Membaca. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 133–142.

Nasir, M., Azizah, U. N., Afandi, R., Alfikri, Y., & Ramadhani, N. (2025). Implementasi Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Dan Konektivitas Di Nagari Pasilihan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM), 02(04), 884–899.

OECD. (2023). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html

Rahmi, A. N., Buabara, H., Miyazaki, A. F. N., Rusmayadi, R., & Herman, H. (2024). Tantangan dan Solusi Dalam Menghadapi Era Digital: Pendidikan Anak di Zaman Teknologi. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(3), 127–135. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol3.Iss3.1149

Rihana, Dhieni, N., & Nurjannah. (2025). Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 6(1), 1–12.

Santoso, B., Rahayu, S., Fitriani, D., & Syahputra, A. (2023). Transformasi Pendidikan Inklusif: Optimalisasi Kesetaraan melalui Metode Pembelajaran Responsif dan Keterlibatan Komunitas. PEMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Suardi, S., Sultan, S., & Herman, H. (2024). Peran Keluarga dalam Menumbuhkembangkan Budaya Membaca Bagi Anak di Lingkungan Rumah pada Era Digital. Indonesian Language Education and Literature, 10(1), 241. https://doi.org/10.24235/ileal.v10i1.19141

Takwin, I., Rosdiana, R., & Mirnawati, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Berbasis Digital untuk Meningkatkan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(2), 115–124. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i2.197

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19

Bagaimana cara mengutip

Miranty, D., & Prasetya, W. A. . (2025). Peningkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar melalui Teknologi Digital: Bukti dari Program Pengabdian Masyarakat KKM di Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEMAS), 3(1), 11-19. https://doi.org/10.63866/pemas.v3i1.102