This is an outdated version published on 2024-05-09. Read the most recent version.

Efektivitas Media Tebak Gambar Dalam Menstimulasi Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Tamarunang

Authors

  • Sitti Nurhidayah Ilyas Sitti Nurhidayah Ilyas, Muhammad Yusri Bachtiar, Syamsuardi, A. Sri Wahyuni Asti, Nurwahdaniah PG PAUD, Universitas Negeri Makassar Author

Keywords:

Media Tebak Gambar, Sosial Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan media tebak gambar efektif dalam menstimulasi kemampuan sosial emosioanal anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Tamarunang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekaran kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK pertiwi Tamarunang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 25 orang anak. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi/arsip laporan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di TK Pertiwi Tamarunang menggunakan media tebak gambar dalam menstimulasi kemampuan sosial emsosional anak usia 5-6 tahun yang berfokus pada kemampuan anak dalam menyesuaikan diri, kemampuan anak dalam mengendalikan emosi dan kemampuana anak dalam mecahkan masalah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal, A. & Herlina (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. In Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19” (pp. 1217-1225). Universitas Negeri Makassar.

Asti, A., & Syamsuardi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din, 3(1), 42-54.

Ayu, I., Febri, P., Luh, N., Ambaradewi, G., Risaldy, G., Dato, S., Studi, P., & Informatika, T. (2022). Implementasi Game Edukasi Tebak Gambar Hewan. Jurnal: Manajemen Dan Teknologi Informasi, 12(2), 35–42.

Ayu Putu, F., Luh Gede Ambaradewi, N., & Risaldy Seran Dato, G. (2022). Implementasi Game Edukasi Tebak Gambar Hewan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 12(2), 2087–5312.

Bachtiar, M. Y., Rusmayadi, R., & Herman, H. (2021). Pengembangan Kemampuan Sosial Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di TK Riyanti Kabupaten Gowa. In SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19”. Universitas Negeri Makassar.

Bachtiar, M.Y., Ulpi, W., & Hakim, Nurwahidin. (2022). Perkembangan anak usia 0-7 Tahun. Ed.1, Cet. 1. Depok:Rajawali Pers.

Budianti, Y., Rangkuti, I. P., & Nasution, F. (2020). Pengaruh Media Tebak Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial di RA Al Musthafawiyah Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 8(1), 34–43. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/584.

Budiarti, E., & Adar, S. Y. (2023). Impact of Digital Media on Social-Emotional Development in Early Childhood: A Case Study at TK Kartika XX-46 Kendari GoldenAge: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(2), 89–98. https://doi.org/10.14421/jga.22023.82-04

Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2019). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan media audio visual berbasis kearifan budaya lokal pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602.

Darmawan, D., Kustandi, C., Syah, R., & Wasan, A. (2021). Implementation of Web-Based SECI Knowledge Management Model For Coastal Communities. Journal of Nonformal Education, 7(2), 166-172.

Dzulfadhilah, F., Asti, A. S. W., & Lismayani, A. (2023). Digital Parenting: Pelatihan Komunikasi Efektif Orang Tua dan Anak Usia Dini di Era Digital. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 218-225.

Helmita, W., & Salwiah, S. (2019). Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Permainan Tebak Gambar Di Kelompok B Paud Bintang 9 Kelurahan Lalolara Kec. Kambu Kota Kendari. Jurnal Smart Paud, 2(2), 92. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i2.7285

Ilyas, S. N., & Lismayani, A. (2023). Implementation of Differentiated Learning at TK Islam Plus E-School. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 586-591.

Munawwirah, B., Parwoto, P., & Ilyas, S. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Tematik, 7(1), 17-23.

Musi, M. A., Rusmayadi, & Bachtiar, Y. (2019). Development of creative game models through natural media. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 297–310.

Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan media grafis untuk meningkatkan siaga bencana banjir. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55- 67.

Purwandari, E., Handayani, N., Agusta, O. L., Mabruria, A., & Haryanti, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol 9, No 1, hal 47-55.

Pratiwi, N., Kurniah, N., & Wembrayarli, W. (2021). Kendala-Kendala Guru Paud Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal PENA PAUD, 2 (1), 32. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14730

Rianti., Nurjannah, I., Latifah, D., Alifah, N., & Asyiah, A. (2022). Freedom Learning on Early Childhood Education: Implementation ofSTEAM Method with Loose Parts Media. GoldenAge: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(2) 99-108. https://doi.org/10.14421/jga.2022.72-05

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini, Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenademia Group.

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https:/ /doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170

Yulida, I., Elan, & Yusuf, H. (2021). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7008

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zwagery, R. V. (2021). Permainan “Tebak Aku” untuk Menstimulasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 59–65. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10061

Downloads

Published

2024-05-05 — Updated on 2024-05-09

Versions

Issue

Section

Articles

How to Cite

Efektivitas Media Tebak Gambar Dalam Menstimulasi Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Tamarunang. (2024). AUDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/audia/article/view/29