Pengaruh E-Book Interaktif dan Simulasi PhET terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Authors

  • Rian Saputra Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author
  • Fahmi Ramadhan Universitas Muhammadiyah Enrekang Author

Keywords:

e-book interaktif, simulasi PhET, berpikir kritis, pembelajaran berbasis teknologi

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan esensial dalam pendidikan tinggi yang perlu dikembangkan melalui strategi pembelajaran yang inovatif. Salah satu pendekatan yang berpotensi meningkatkan keterampilan ini adalah pemanfaatan e-book interaktif dan simulasi PhET, yang memungkinkan mahasiswa untuk mengeksplorasi konsep secara lebih mendalam melalui visualisasi dan interaktivitas. Namun, masih terdapat keterbatasan dalam penerapan teknologi ini dalam pembelajaran di perguruan tinggi, terutama dalam disiplin ilmu sains dan teknik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-book interaktif dan simulasi PhET terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa program studi sains dan teknik yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes berpikir kritis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji statistik inferensial untuk menentukan signifikansi perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang belajar menggunakan e-book interaktif dan simulasi PhET mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih signifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis. Kesimpulannya, penggunaan e-book interaktif dan simulasi PhET merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. R. Rizaldi, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “PhET: SIMULASI INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 10–14, May 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i1.103.

F. Liswar, A. Hidayati, R. Rayendra, and F. Yeni, “Use of Phet Interactive Simulation Software in Physics Learning,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. SpecialIssue, pp. 135–142, Dec. 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.5982.

R. Sari, “Pemanfaatan PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Fisika Peserta Didik Kelas XII MIPA pada Materi Listrik Arus Searah,” Indones. J. Innov. Multidisipliner Res., vol. 1, no. 4, pp. 413–419, Dec. 2023, doi: 10.31004/ijim.v1i4.48.

L. A. D. Meiliyadi, B. A. Ruhana, and N. Khasanah, “Pengenalan virtual laboratory berbasis Physics Education Technology (PhET) interactive simulation sebagai alternatif praktikum pada siswa sekolah internasional luar negeri Riyadh,” Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 19, no. 1, pp. 60–69, Jun. 2023, doi: 10.20414/transformasi.v19i1.6189.

H. S. Wibowo, Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media, 2023.

V. Vannilia, A. Fanani, and C. T. Rosidah, “Model Inquiry learning Berbantuan Media PhET Sebagai Virtual Laboratory Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SD,” Progress. Cogn. Abil., vol. 2, no. 4, pp. 338–348, 2023.

L. F. Santos-Meneses and E. A. Drugova, “Trends in critical thinking instruction in 21st-century research and practice: Upgrading instruction in digital environments,” Think. Ski. Creat., vol. 49, p. 101383, Sep. 2023, doi: 10.1016/j.tsc.2023.101383.

M. Akhvlediani, L. Abdaladze, and K. Lataria, “The Challenges of the XXI Century – Development of Critical Thinking among the Students,” SHOTA MESKHIA STATE Teach. Univ. ZUGDIDI, Dec. 2023, doi: 10.52340/zssu.2023.15.11.

L. R. Sharma, R. Bhattarai, A. Humagain, S. P. Subedi, S. Thapa, and H. Acharya, “Exploring the Underlying Ways of Enhancing Critical Thinking Skills,” Int. Res. J. MMC, vol. 4, no. 4, pp. 83–96, Dec. 2023, doi: 10.3126/irjmmc.v4i4.61939.

N. J. Alsaleh, “Teaching Critical Thinking Skills: Literature Review.,” Turkish Online J. Educ. Technol., vol. 19, no. 1, pp. 21–39, 2020.

M. N. Majid, H. R. Achmadi, and N. Suprapto, “Studi literatur pemanfaatan interactive multimedia related to real life untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik,” Inov. Pendidik. Fis., vol. 9, no. 3, pp. 382–393, 2020.

I. M. Pustikayasa et al., TRANSFORMASI PENDIDIKAN: Panduan Praktis Teknologi di Ruang Belajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

O. D. Pranata and S. Seprianto, “PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI SKEMA BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA BERBASIS SIMULASI,” Karst J. Pendidik. Fis. DAN Ter., vol. 6, no. 1, pp. 8–17, Jun. 2023, doi: 10.46918/karst.v6i1.1724.

A. Rahmadani, A. Ariyanto, N. N. S. Rohmah, Y. M. Hidayati, and A. Desstya, “Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 10, no. 1, pp. 127–141, 2023.

N. Alaudin and R. Missouri, “Strategi Pembelajaran Multidimensional dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah,” PENDIRI J. Ris. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 34–41, 2023.

Downloads

Published

2024-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
Rian Saputra and Fahmi Ramadhan, “Pengaruh E-Book Interaktif dan Simulasi PhET terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa”, PENDIRI, vol. 2, no. 1, pp. 27–36, Dec. 2024, Accessed: May 05, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.ranedu.my.id/index.php/pendiri/article/view/66