Strategi Konservasi Energi di Sektor Pendidikan melalui Pendekatan Green Building
Keywords:
Green building, Penghematan energi, Lingkungan belajar, Pendidikan, Teknologi hijauAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan konsep green building di sekolah dan kampus terhadap penghematan energi dan kualitas lingkungan belajar. Dalam penelitian ini, dilakukan studi terhadap lima sekolah dan tiga kampus yang telah menerapkan berbagai elemen green building, seperti penggunaan material ramah lingkungan, panel surya, sistem ventilasi alami, dan pencahayaan efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan green building berhasil mengurangi konsumsi energi tahunan antara 10% hingga 30%, dengan Sekolah A mencatatkan penghematan sebesar 30%. Selain itu, penerapan teknologi green building juga meningkatkan kenyamanan lingkungan belajar, yang terlihat dari perbaikan kualitas udara, suhu yang lebih stabil, dan penurunan kebisingan. Penelitian ini juga menemukan tantangan dalam pengelolaan teknologi hijau, seperti biaya investasi awal yang tinggi dan kurangnya pemahaman teknis dalam pengoperasian. Penelitian ini menyarankan agar penerapan green building di sektor pendidikan dioptimalkan melalui integrasi penuh teknologi dan dukungan kebijakan yang memperkuat pelatihan dan pemeliharaan sistem green building.
Downloads
References
I. M. D. M. Adnyana, K. A. Mahendra, and S. M. Raza, “The importance of green education in primary, secondary and higher education: A review,” J. Environ. Sustain. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 42–49, Dec. 2023, doi: 10.62672/joease.v1i2.14.
K. Kaygusuz, “Green Buildings for Climate Mitigation and Sustainable Air Conditioning,” in 21. Yüzyılda Mühendislikte Çağdaş Araştırma Uygulamaları Üzerine Disiplinler Arası Çalışmalar- V, Özgür Yayınları, 2023. doi: 10.58830/ozgur.pub389.c1607.
A. Altassan, “Sustainable Integration of Solar Energy, Behavior Change, and Recycling Practices in Educational Institutions: A Holistic Framework for Environmental Conservation and Quality Education,” Sustainability, vol. 15, no. 20, p. 15157, Oct. 2023, doi: 10.3390/su152015157.
S. Fayyaz, A. A. Lashari, S. Nandwani, and M. A. Chang, “Assessing Environmental Awareness and Conservation Behavior in Schools for Sustainable Development,” Pakistan J. Humanit. Soc. Sci., vol. 11, no. 4, Dec. 2023, doi: 10.52131/pjhss.2023.1104.0676.
A. Biancardi, A. Colasante, I. D’Adamo, C. Daraio, M. Gastaldi, and A. F. Uricchio, “Strategies for developing sustainable communities in higher education institutions,” Sci. Rep., vol. 13, no. 1, p. 20596, Nov. 2023, doi: 10.1038/s41598-023-48021-8.
N. Rusli, M. R. M. Hussain, N. D. Nizarudin, S. S. S. Sabri, and S. A. Hamed, “Roles of Education in Creating Awareness of Sustainability Campus Management for Green Campus Concept,” Int. J. Adv. Res. Educ. Soc., Dec. 2023, doi: 10.55057/ijares.2023.5.4.25.
K. Bäcklund, M. Molinari, and P. Lundqvist, “In Search for Untapped Energy-Saving Potential in Green and Smart Higher Educational Buildings—An Empirical Case Study Involving the Building Occupants,” Buildings, vol. 13, no. 12, p. 3103, Dec. 2023, doi: 10.3390/buildings13123103.
T. L. Adi Sucipto, J. U. Dwi Hatmoko, S. Sumarni, and J. Pujiastuti, “KAJIAN PENERAPAN GREEN BUILDING PADA GEDUNG BANK INDONESIA SURAKARTA,” J. Ilm. Pendidik. Tek. dan Kejuru., vol. 7, no. 2, Jul. 2017, doi: 10.20961/jiptek.v7i2.12692.
A. Putra Pratama and B. E. Yuwono, “ANALISIS POTENSI ENERGI TERHADAP PENGURANGAN EMISI GAS KARBONDIOKSIDA PADA GEDUNG ALAMANDA TOWER,” Pros. Semin. Intelekt. Muda, vol. 1, no. 2, Sep. 2019, doi: 10.25105/psia.v1i2.6656.
L. Judijanto, V. K. Putri, T. Ansori, and K. Khamaludin, “Analisis Dampak Penggunaan Energi Terbarukan, Efisiensi Energi, dan Teknologi Hijau pada Pengurangan Emisi Karbon di Industri Manufaktur Kota Tangerang,” J. Multidisiplin West Sci., vol. 2, no. 12, pp. 1127–1138, Dec. 2023, doi: 10.58812/jmws.v2i12.860.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zainuddin, Putri Hayati, Triyeni Wulandari, Nanang Widodo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.