Program Parenting Dalam Pola Asuh Orang Tua di TK Negeri 27 Dodu Kota Bima
Keywords:
Program Parenting, , Pola Asuh, , Orang Tua.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program parenting dalam pola asuh orang tua di Taman Kanak-Kanak Negeri 27 Dodu, Kota Bima. Program parenting ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam mendidik anak-anak mereka dengan metode yang lebih efektif dan positif. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini melibatkan orang tua siswa dan tenaga pendidik di TK Negeri 27 Dodu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program parenting memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pola asuh orang tua. Orang tua menjadi lebih memahami pentingnya komunikasi yang baik, disiplin positif, dan keterlibatan aktif dalam proses pendidikan anak. Selain itu, program ini juga membantu orang tua mengatasi berbagai tantangan dalam mendidik anak, seperti menangani perilaku anak yang sulit dan meningkatkan motivasi belajar anak.
Downloads
References
Aini, D. N. (2024). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak. 1(3), 309–315.
Alurmei, W. A., Perunaziah, N., Mangkading, W. G., Ophelia, D., & Annasai, M. A. A. (2024). Mengkaji Pola Asuh Otoriter Terhadap Kelekatan Pada Dewasa Awal. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(1), 148–163.
Amarullah, A., & Uce, L. U. L. (2024). Pengaruh Ideologi Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak Mantan Kombatan Gerakan Aceh Merdeka. Jurnal Pendidikan Nusantara, April. https://journal.sepercenter.org/index.php/jpn/article/view/6%0Ahttps://journal.sepercenter.org/index.php/jpn/article/download/6/14
Anak, E. (2024). No Title. 2(2), 334–343.
Annisa Alfina Andriyani, Solehudin Solehudin, & Adi Wijaya. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Dan Pendidikan Terhadap Kemandirian Anak Di SDN Lanbau 01. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(1), 83–96. https://doi.org/10.55606/jurrikes.v3i1.2724
At-Taqiyyah, A. K., & Hakim, H. al. (2024). Positive Parenting Untuk Menurunkan Kenakalan Pada Remaja. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(3), 301–308. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i3.315
Az-Zahra, S. F., Pertiwi, H., Athaullah, M. D. A., & ... (2024). Pengaruh Pola Asuh Keluarga Terhadap Karakter Anak Dalam Pendidikan Islam Di Sekolah. Jurnal Pendidikan …, 2(1), 106–116. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/128%0Ahttps://jpk.joln.org/index.php/2/article/download/128/136
Bimbingan, J., Konseling, D., Tarbiyah, F., & Keguruan, D. I. (2022). "Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap. 3(1), 7341–7348.
Budaya, P., Mental, G., Kesehatan, T., Surti, D., 1, J., & Dwipa, T. (2024). Mental Anak dengan Single Parent Mother. Journal of Education Research, 5(1), 921–927.
Cox, F. (2008). Brrrrrrrrrrrr. Journal of Perioperative Practice, 18(4), 135. https://doi.org/10.1016/s0262-4079(11)62990-4
DHIU, K. D., & FONO, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328
Empowerment, C., Family, T., & Village, L. (2024). Community Empowerment Through Family Counseling Concerning Current Parenting Patterns in Pangkalan Losarang Village, Indramayu. 2(1), 33–44.
Fadillah, R., & Zikra. (2024). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orangtua dengan Kontrol Diri Siswa di SMAN 7 Padang. 8, 17304–17313.
Firdaus, A., & Manggalou, S. (2024). Implemenatasi Kelas Parenting Orang Tua dalam Program Puspaga Terhadap Warga di Balai RW 2 Kelurahan Gedung Putih Kota Surabaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6613–6622.
FORMAL, P. (2024). Studi Dampak Pendampingan Orang Tua Dalam Jam Belajar Sekolah Paud Usia 4-5 Tahun. Lib.Unnes.Ac.Id, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.428
Gunawan, R., Maritim, U., Ali, R., Aditya, H., Universitas, V., Raja, M., Haji, A., Jalan, A. :, Dompak, R., Tanjungpinang, K., Kepulauan, P., & Korespondensi, R. (2024). Strategi Program Work Life Balance Dan Pola Asuh Otoritatif Dalam Mendidik Anak. Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(1), 12–22. https://doi.org/10.62383/aliansi.v1i1.34
Hanifah, E. N. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Dari Seorang Anak. WIDYA WASTARA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 37–44.
Hariawan, R. (2018). Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 1(1), 2.
History, A. (2024). https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i1. 405. 2(1).
Irawan, R. (2024). Pola Asuh Orang Tua Single Parents dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Kelurahan Karang Maritim Kecamatan Panjang Bandar Lampung. Jurnal Syntax Admiration, 5(4), 1188–1203. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i4.1098
KARAKTER ANAK ZAMAN Oleh Indaria Tri, M. H., Dwi, I. I., Pradipta, M. A., Diana, N. F., Nurhidayah, S., Kartika, N. P., Julianingsih, D., PGPAUD STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya, P., Pendidikan Bahasa Inggris Bina Insan Mandiri Surabaya, P., PGSD STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya, P., Pendidikan Matematika STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya, P., & Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya, P. (2024). Pendampingan Orang Tua Tentang Pola Asuh Positif Di Era Digital Dalam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(11), 2247–2262. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Komara, E. R., Agustin, L. D., Supratman, S. D., & Hamidah, S. (2024). Hubungan Eksistensi Orang Tua di Lingkungan Sosial dengan Pola Asuh Anak Berkebutuhan Khusus. 4.
Lusiani, E., Febrita, S., & Elvira, N. A. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Single Parent terhadap Tingkat Perkembangan Anak di Wilayah Panti Asuhan Balita Sehat Muhamadiah Kota Bandung. Jurnal Syntax Admiration, 5(3), 762–761. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i3.1059
Majazeta Yusrina, K., Aliffah, N. U., & Holilah, M. (2024). Insecurities: Fenomena Konsep Diri Akibat Pola Asuuh Orang Tua. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i1.1181
Masri, M., Rahmat, D., & Wibowo, A. E. (2021). Jurnal Sains dan Kesehatan. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(3), 478–487.
Nabilah, U. (2024). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Anak (Studi Pada Kelurahan Anggut Dalam). JurnalIlmiahPenelitianMandiraCendikia, 2(7), 95–104. https://journal-mandiracendikia.com/jip-mc
Ngaisah, S., & Kurniawan, B. A. (2024). Upaya Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana ( DP3AP2KB ) Kota Surabaya Dalam Meningkatkan Program Ketahanan Dan Pembelajaran Keluarga. 4, 9146–9155.
Nisa, D. N. F., Haila, H., & Siregar, H. (2024). Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia 12-15 Tahun di Lingkungan RT 14 Vila Tangerang Elok Kelurahan Kutajaya. AJAD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 218–227. https://doi.org/10.59431/ajad.v4i1.308
Rabiasa, N. A. (2024). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di MAN Model 1 Manado. 2(1).
Rahmah, A. N., Nasution, F. S. M., Salsabila, N. A., Nafisah, S., & Abdillah, T. K. (2024). Sosialisasi Membentuk Konsep Diri untuk Pengasuhan yang Positif pada Anak di Era Digital. Jurnal Pengabdian Inovatif Masyarakat, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.62759/jpim.v1i1.48
Sibarani, A. A. S. (2024). Peran Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Dalam Pelayanan Masyarakat di Balai RW 5 Kelurahan Lidah Kulon Surabaya. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 5(1), 89–100. https://doi.org/10.37385/ceej.v5i1.4041
Sitorus, M. A. (2024). Demagogi Journal of Social Sciences , Economics and Education Pendekatan Peran Orang Tua Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(1), 12–21.
Studi, P., Hamdanesti, R., Rahmi, A., Sekolah, K., Ilmu, T., Alifah, K., Skill, P., Asuh, P., Toddler, U., Skills, P., & Age, T. (2024). Program Parenting Skill Untuk Meningkatkan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pendidikan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di Wilayah. 28–33.
Suntari, N. L. P., Ribek, I. N., Raditya, D. G. N., & Gumala, N. M. Y. (2024). Parenting : Model Pengasuhan Membangun Kecerdasan Emosi dan Kemandirian Keluarga di Desa Wisata. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 440–448.
Syafri, F., Dwi Sukma, R., Densi, Y. R., Radjani, P., Umroh, A., Purnamasari, I., Tarbiyah, F., Tadris, D., Islam, U., Famawati, N., & Bengkulu, S. (2024). Peran Orang Tua Terhadap Pola Asuh Perkembangan Moral Anak Usia 4-5 Tahun di Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 5(1), 2828–7126.
Syahrani, D. O., & Ardiansyah, M. W. (2024). Pola Asuh Positif untuk Pencegahan Stunting : Peran Orang Tua dalam Memberikan Makanan Sehat dan Mengatur Kebiasaan Jajan Anak di Desa Pagu. 2(1), 19–30.
Ulfah, M., Laelasari, E., & Mustaqiem, I. (2021). AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga. AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(1), 85–94. https://doi.org/10.47476/assyari.v6i1.404
Widiastuti, T., Mustaghfiroh, L., & Wahyuni, S. (2024). Penerapan Pola Asuh Orang Tua Pada Remaja Di Kelas Xi Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Bakti Utama Pati. 10(1), 77–83. https://doi.org/10.56186/jkkb.141
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rukayah Rukayah, Hendra Hendra, Muslim Muslim (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AUDIA Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.